Dapatkan info menarik dan terbaru

Ingin mulai investasi dan bermain dengan dunia pasar modal?

Hallo calon investor!
Ingin mulai investasi dan bermain dengan dunia pasar modal?
Tapi merasa belum memiliki pondasi yang kuat mengenai saham?

Jika pertanyaan di atas sering muncul di benak anda, mari kita mulai membahasnya.

Apa itu Pasar Modal?

Pasar Modal yang juga disebut dengan capital market atau juga bursa efek merupakan tempat jual beli berbagai instrumen keuangan jangka panjang seperti saham, surat hutang (obligasi), reksa dana, Exchange Traded Fund (ETF) serta Derivatif seperti warrant dan right.

Mari kita membahas lebih dalam mengenai instrumen keuangan.

  1. Saham
    Saham merupakan instrumen finansial yang paling populer di pasar modal.
    Saham adalah bentuk kepemilikan dalam sebuah perusahaan. Pemilik saham berhak atas deviden jika perusahaan menghasilkan keuntungan.
  2. Obligasi
    Surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah. Kepemilikan obligasi tidak menyebabkan seseorang mendapatkan hak atas deviden. Namun pemilik obligasi mendapatkan pembayaran sejumlah nilai nominal obligasi ditambah dengan pembayaran bunga.
  3. Reksa dana
    Sebuah wadah investasi yang menghimpun dana dari berbagai investor dan menginvestasikannya dalam berbagai instrumen seperti saham, obligasi dan properti. Instrumen reksadana tidak mengharuskan seseorang membuat keputusan investasi sendiri melainkan dengan bantuan manajer investasi.
  4. Exchange Traded Fund (ETF)ETF merupakan instrumen finansial yang diperdagangkan selayaknya saham di bursa saham.
  5. Surat berharga derivatif
    Instrumen ini mencakup berbagai kontrak derivatif seperti opsi dan futures yang memungkinkan investor berspekulasi tentang pergerakan saham indeks, mata uang ataupun komoditas tanpa memiliki arti fisik. Instrumen derivatif menjadi salah satu instrumen finansial dengan cara melindungai niai aset hingga memunginkan seseirang memebei au menjua aset dengan nilai yang tertera pada kontrak.

Bicara mengenai pasar modal tidak akan bisa terlepas dari investasi. Dewasa ini, pilihan investasi di Indonesia kian beragam. Salah satu bentuk investasi yang populer adalah saham.

Lantas apa itu saham?

Menurut Bursa Efek Indonesia saham merupakan tanda bukti kepemilikan modal dalam sebuah perusahaan yang dapat dimiliki oleh perusahaan atau institusi yang dengan pengikutsertaan modal test maka pihak yang bersangkutan memiliki hak atas:

  1. Pendapatan perusahaan
  2. Aset perusahaan
  3. Hak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Masih merasa sulit untuk dipahami?Secara sederhana saham merupakan bukti kepemilikan seseorang atas perusahaan tertentu.

Penerbitan saham merupakan salah satu cara perusahaan mendapatkan dana aau modal untuk mengembangan bisnis jangka panjang. Saham yang diperjual belikan di Indonesia melalui bursa efek dengan harga yang berubah-ubah sesuai kondisi perusahaan dan juga ekonomi.

Sudahkah anda memahami apa itu pasar modal dan saham?

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai dunia pasar modal secara gratis. Ambil peluang dan mulai langkah awal belajar dunia investasi bersama kami.

bagikan postingan ke:

Scroll to Top