Pulau Sumatera, dengan kekayaan alam dan budayanya yang luar biasa, menawarkan berbagai destinasi wisata yang mempesona. Dari pegunungan hingga pantai, dari danau hingga hutan tropis, setiap sudut Sumatera menyimpan keindahan yang tak terbantahkan. Namun, dengan begitu banyak pilihan, mana yang harus Anda kunjungi terlebih dahulu?

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau vulkanik terbesar di dunia ini adalah permata Sumatera Utara. Di tengahnya terdapat Pulau Samosir, tempat Anda bisa menikmati pemandangan danau yang tenang serta budaya Batak yang kaya.

2. Gunung Kerinci, Sumatera Barat

Sebagai gunung berapi tertinggi di Indonesia, Gunung Kerinci menawarkan pemandangan yang luar biasa dari puncaknya. Pendakian ini cocok untuk Anda yang mencari petualangan dan tantangan.

3. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung

Tempat ini adalah surga bagi para pecinta alam dan satwa liar. Anda bisa menemukan berbagai flora dan fauna langka, serta menikmati keindahan hutan tropis yang masih alami.

4. Pulau Weh, Aceh

Pulau Weh menawarkan pengalaman menyelam yang menakjubkan dengan terumbu karang yang indah dan kehidupan bawah laut yang beragam. Pantai-pantai yang bersih dan air laut yang jernih menjadikan Pulau Weh sebagai destinasi yang harus dikunjungi.

5. Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Way Kambas adalah rumah bagi gajah Sumatera dan berbagai satwa liar lainnya. Anda bisa merasakan pengalaman yang unik dengan melihat gajah-gajah ini di habitat aslinya.

6. Lembah Harau, Sumatera Barat

Lembah Harau dikenal dengan tebing-tebing granitnya yang spektakuler dan air terjun yang indah. Tempat ini cocok untuk kegiatan panjat tebing dan trekking, serta menikmati keindahan alam yang memukau.

7. Kota Bukittinggi, Sumatera Barat

Bukittinggi adalah kota yang penuh dengan sejarah dan budaya Minangkabau. Kunjungi Jam Gadang, Ngarai Sianok, dan Pasar Atas untuk merasakan keunikan kota ini.