Pulau Kalimantan, jantung hutan hujan tropis Asia, menyimpan sejuta pesona alam dan budaya yang menakjubkan. Dari sungai-sungai yang megah hingga hutan lebat yang penuh dengan kehidupan liar, Kalimantan menawarkan pengalaman yang tak tertandingi. Namun, di antara begitu banyak pilihan, mana yang harus Anda kunjungi terlebih dahulu?

1. Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Tanjung Puting terkenal dengan populasi orangutannya. Jelajahi sungai Sekonyer dengan klotok (perahu tradisional) dan saksikan orangutan di habitat aslinya, serta nikmati keindahan hutan hujan tropis yang lebat.

2. Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan adalah surga bagi para penyelam dan pecinta snorkeling. Nikmati keindahan terumbu karang yang masih alami, berenang bersama penyu, dan temukan berbagai spesies laut yang menakjubkan.

3. Taman Nasional Kutai, Kalimantan Timur

Taman Nasional Kutai menawarkan hutan hujan tropis yang luas dengan flora dan fauna yang beragam. Tempat ini juga merupakan salah satu lokasi terbaik untuk melihat orangutan dan satwa liar lainnya.

4. Bukit Bangkirai, Kalimantan Timur

Nikmati pengalaman berjalan di atas kanopi hutan di Bukit Bangkirai. Jembatan gantung yang terhubung antar pohon ini memberikan Anda kesempatan untuk melihat pemandangan hutan dari ketinggian.

5. Sungai Kapuas, Kalimantan Barat

Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia yang menawarkan pengalaman berperahu menyusuri desa-desa tradisional Dayak, sambil menikmati keindahan alam dan budaya lokal.

6. Taman Nasional Betung Kerihun, Kalimantan Barat

Taman Nasional Betung Kerihun adalah surga bagi para petualang dan pencinta alam. Tempat ini menawarkan trekking melalui hutan yang lebat, menyusuri sungai yang jernih, dan menemukan flora serta fauna yang eksotis.

7. Pasar Terapung Lok Baintan, Kalimantan Selatan

Pasar Terapung Lok Baintan adalah salah satu pasar terapung yang paling terkenal di Indonesia. Nikmati suasana perdagangan di atas perahu, di mana Anda bisa membeli berbagai produk lokal sambil menikmati pemandangan sungai yang indah.