fbpx

TIPS

Memulai Investasi di Pasar Modal, Bagaimana Caranya?

Di masa pandemi saat penghasilan berkurang dan mobilitas dikurangi, menambah penghasilan dari luar rumah menjadi kegiatan yang cukup sulit untuk dilakukan. Mencoba untuk memulai investasi di pasar modal bisa menjadi solusi yang bagus untuk tambah penghasilan walaupun tidak keluar rumah. Akan tetapi bagaimana caranya untuk memulai investasi di pasar modal?

  1. Sisihkan 10% dari Penghasilan

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyisihkan penghasilan yang dimiliki saat ini. Tidak perlu terlalu banyak cukup 10% dari penghasilan, karena dengan uang 100 ribu pun sudah bisa memulai untuk investasi ataupun trading di pasar modal. Selain itu, memulai jalan baru di pasar modal memang sebaiknya dari modla terkecil terlebih dahulu agar tidak mengalami kerugian yang besar saat pertama kali memulai investasi.

2. Dibagi ke Beberapa Emiten yang Sudah Dibeli

Setelah memulai dengan menyiapkan modal, selanjutnya adalah bagikan ke beberapa emiten yang telah dipilih. Pastikan juga emiten tersebut memiliki masa depan yang baik dan juga hasil keuangan yang telah teruji selama beberapa tahun.

3. Jangan Lupa Perhitungkan Juga Manajemen Resiko

Emiten yang telah dipilih dan dibeli jangan lupa untuk diperhitungkan resikonya, seperti harga saham yang mendadak turun dalam jangka waktu lama ataupun saham mendadak keluar dari pasar modal karena kebangkrutan ataupun memiliki aktivitas di pasar modal yang tidak wajar. Karenanya, jika masih ragu dengan emiten yang dipilih maka mulailah dengan modal kecil terlebih dahulu agar kerugian yang didapat tidak terlalu besar.

4. Rutin Menabung Saham Setiap Bulan

Salah satu kebiasaan dari investor yang harus dilakukan secara rutin adalah menabung saham setiap bulan dengan modal yang dimiliki ataupun hasil dari penjualan saham. Jumlah lot yang dibeli pun bisa beragam asalkan tidak keluar dari perhitungan perencanaan keuangan untuk jual beli saham.

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :