fbpx

TIPS

Strategi Jitu Pilih Saham Tercuan di Pasar Modal

Ratusan saham yang ada di pasar modal terkadang membuat bingung untuk memilih saham yang sesuai dengan tujuan investasi dan juga modal yang dimiliki. Karenanya sebelum memilih saham di pasar modal ketahui dulu strategi yang tepat untuk piliha saham tercuan di pasar modal dengan beberapa tips berikut.

  1. Pilih Saham yang Sudah Masuk Indeks Pilihan Bursa Saham

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memilih saham yang sudah masuk di indeks pilihan bursa saham. Beberapa indeks saham pilihan yang bisa menjadi acuan berasal dari JII70 ataupun JII yang sudah terbukti masuk ke dalam bursa saham syariah dan memiliki fundamental yang baik dalam waktu yang lama.

2. Membeli Saham dengan Prospek Jangka Panjang

Jangan lupa juga untuk tidak salah pilih dalam memilih saham yang akan ditransaksikan di pasar modal. Pilihlah saham yang memiliki prospek janga panjang yang baik, hal ini berarti perusahaan tersebut hasil produksinya dipakai dalam jangka waktu yang lama oleh masyarakat ataupun memiliki masa depan yang baik di masa depan. Pemilihan ini dilakukan agar sebagai investor tidak perlu merasa cemas apabila harga saham pilihan turun dalam jangka waktu yang lama karena suatu saat pasti akan naik kembali karena produknya selalu dipakai oleh banyak orang.

3. Ketahui Saham dengan Fundamental Keuangan yang Baik

Saham yang berasal dari perusahaan terkenal bisa memiliki fundamental yang baik, namun saham perusahaan yang biasa saja juga bisa memiliki fundamental yang lebih baik karena produknya digunakan oleh banyak orang dalam jangka waktu yang lama. Karenanya sebelum memilih saham pastikan perusahaan tersebut memiliki fundamental yang baik dari segi market cap atau deviden yang dibagikan.

4. Perhatikan Fluktuasi Saham

Naik turun harga saham juga menjadi patokan untuk memilih saham yang terbaik di pasar modal. Waspadai apabila harga saham sering naik turun dalam waktu yang berdekatan karena ini menjadi pertanda bahwa saham tersebut sedang digoreng agar menarik banyak peminat. Pilihlah saham yang naik turun sahamnya masih dalam harga wajar sehingga tidak merugikan apabila harga saham mendadak turun dalam jangka waktu yang lama

5. Kenali Perusahaan dan Kinerjanya

Fenomena pembelian saham ANTM dan juga BRIS di awal  kemunculannya menjadi bukti bahwa nama perusahaan juga berpengaruh pada harga saham yang dimiliki dan juga antusiasme banyak orang untuk membelinya. Disaat ragu memilih saham pilihan, pilihlah saham dari perusahaan yang terkenal untuk membantu memilih saham terbaik namun memiliki masa depan yang cerah.

6. Jangan Lupa Analisa

Selain memilih saham dari nama perusahaan dan juga sejarahnya, jangan lupa juga untuk rajin melakukan analisa perusahaan setiap minggunya sebelum membeli saham pilihan di hari senin. Perkuat kembali analisa sebelum membeli saham di pasar modal dimulai dengan ikuti kelas gratis saham syariah yang bisa di dapatkan di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :