fbpx

TIPS

Jangan Dulu Gunakan Uang Ini Untuk Investasi

Disaat penghasilan berkurang dan hutang terus menumpuk biasanya banyak orang yang mulai cari solusi untuk tambah penghasilan sehingga hutang bisa terlunasi. Salah satunya adalah dengan memulai investasi di pasar modal. Sayangnya kebanyakan pemula di pasar modal memulai investasi dengan dana yang tidak semestinya sehingga ketika harga saham mendadak turun baru menyesal dan menyalahkan investasi di pasar modal yang dianggap merugikan. Ketahui dulu beberapa dana yang sebaiknya tidak digunakan untuk memulai investasi ataupun trading di pasar modal.

  1. Dana darurat

Dana pertama yang tidak disarankan untuk modal investasi ataupun trading di pasar modal adalah dana darurat. Hal ini terjadi karena dana ini digunakan untuk persiapan mendadak apabila terjadi kecelakaan ataupun musibah yang terjadi pada diri kita ataupun keluarga. Apabila dana darurat digunakan untuk investasi dan mengalami kerugian maka ketika terjadi kecelakaan atau musibah kita akan kebingungan untuk memenuhinya.

2. Dana pinjaman

Dana kedua yang tidak disarankan untuk digunakan dalam memulai investasi adalah dengan dana pinjaman. Hal ini dilakukan karena harga saham cenderung bisa naik turun dalam jangka waktu yang cepat sehingga ketika menggunakan dana pinjaman dikhawatirkan akan mengalami kesulitan dalam membayarnya.

3. Dana rumah tangga

Kebutuhan sehar-hari pun harus tetap dipenuhi meskipun terjadi penurunan penghasilan. Karenanya memulai investasi ataupun trading tidak disarankan menggunakan dana rumah tangga karena akan mengurangi jatah dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari.

4. Dana hasil gadai barang

Modal yang menipis untuk memulai investasi pasar modal terkadang membuat banyak orang hilang arah untuk mencari tambahan dana sebelum memulai jalan baru di pasar modal. Menggadaikan barang yang tidak dipakai bisa menjadi jalan namun pastikan juga apakah mampu membayarnya dalam waktu yang ditentukan sambil memperhatikan resiko di pasar modal. Karenanya kurangi resiko investasi di pasar modal dengan mulai pelajari dulu strateginya secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :