fbpx

TIPS

Solusi-solusi Ini Dapat Membantu  penghasilan menurun

Penghasilan yang menurun menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh banyak orang di masa pandemi ini. Ketika penghasilan menurun pun gaya hidup pastilah dikurangi agar tetap bisa bertahan hidup di masa pandemi, Solusi-solusi ini bisa dilakukan untuk mengatasi penghasilan yang menurun di masa pandemi.

  1. Kurangi Konsumsi

Hal pertama yang bisa dilakukan ketika penghasilan menurun adalah mengurangi konsumsi yang dirasa membebani pengeluaran selama ini. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan diri dengan pendapatan yang baru sehingga beberapa pengeluaran harus dikurangi.

2. Hitung Hutang yang Harus Dilunasi

Walaupun penghasilan menurun namun hutang yang dimiliki haruslah tetap dilunasi tepat waktu agar tidak membebani ke depannya. Karenanya hitunglah hutang yang saat ini ditanggung kemudian bandingkan dengan konsumsi yang ada agar tetap sesuai dengan penghasilan yang dimiliki.

3. Perbanyak Menabung untuk Persiapan Masa Depan

Meskipun penghasilan berkurang namun persiapan untuk masa depan mestilah tetap diisi sejak dini agar masih bisa hidup dengan nyaman beberapa tahun mendatang. Namun bisakah tetap menabung walau penghasilan sedang menurun?

4. Tambah penghasilan

Disaat penghasilan menurun tentulah harus ditambah dengan pendapatan tambahan. Namun di tengah pekerjaan utama yang menumpuk apakah masih bisa tambah penghasilan di tengah pekerjaan? Tentu saja bisa dengan investasi saham syariah yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Sebelum memulai investasi pelajari dulu strateginya yang bisa dilakukan secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :