fbpx

TIPS

Mau Hidup Tenang di Masa Pensiun?

Hidup yang tenang di masa produktif tentu saja haruslah berlanjut di usia pensiun nanti. Jangan sampai saat memasuki masa pensiun malah kebingungan untuk mememnuhi kebutuhan hidup karena kurangnya dana pensiundan masih menanggung banyak hutang di saat umur tak lagi muda. Karenanya mulailah persiapkan masa pensiun sejak dini dengan cara berikut

  1. Mulailah dengan Menabung Sejak Dini

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan masa pensiun dengan tenang adalah memulai menabung dana pensiun sejak dini. Walaupun masih lama, namun semakin dini menabung maka hasilnya akan semakin banyak bahkan bisa saja membuat hidup terjamin disaat pensiun nanti. Menyisihkan penghasilan bisa menjadi salah satu cara untuk mengisi tabungan pensiun sejak dini. Namun,  jika penghasilan tidak mencukupi bisa memulai untuk menginvestasikan penghasilan.

2. Investasikan Penghasilan

Mau mulai menabung untuk dana pensiun namun penghasilan tidak mencukupi? Tidak perlu khawatir karena biisa memulai isi dana pensiun dengan menginvestasikan penghasilan di pasar modal. Dengan memulai menabung dana pensiun di pasar modal, nilai uang akan bertambah setiap tahunnya jika memilih saham yang tepat dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Investasi di pasar modal sendiri bisa dimulai dengan modal minimal 100 ribu sehingga bisa menekan kerugian saat berinvestasi saham.

3. Buat Anggaran Pensiun

Selain menabung jangan lupa juga menyiapkan anggaran yang akan dikeluarkan di masa pensiun nanti. Beberapa anggaran yang bisa disiapkan antara lain : anggaran kesehatan, anggaran rumah tangga, anggaran liburan, dana darurat, dan juga anggaran untuk anak jika masih memiliki. Hitung anggaran tersebut dan kemudian hasilnya bisa menjadi perencanaan untuk jumlah tabungan pensiun yang harus dikumpulkan.

4. Jangan Lupa Jaga Kesehatan

Selain menyiapkan dana untuk pensiun jangan lupa persiapkan kesehatan sejak dini. Tentu saja anda ingin mengisi pensiun dengan bersenang-senang dibandingkan hanya berbaring di kamar sendirian, kan? Sisihkan waktu paling tidak satu jam untuk olaharaga ringan, istirahat yang cukup, dan juga jaga makanan agar bisa menjauhi dari penyakit yang biasanya datang di masa tua.

5. Tentukan Kegiatan di Saat Pensiun

Setelah pensiun biasanya banyak orang yang bingung untuk mengisi kegiatannya hingga berujung pada timbulnya rasa tidak percaya diri karena tidak banyaknya kegiatan yang dilakukan. Temukan kegiatan yang bsia dilakukan di masa senja salah satunya adalah dengan belajar investasi dan trading saham syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :