fbpx

TIPS

Harga Saham Pilihan Naik Turun? Mungkin Ini Penyebabnya

Sebagai seorang trader tentu saja menginginkan harga saham pilihan naik setiap harinya secara konsisten. Akan tetapi hal ini tentu saja sangat jarang terjadi mengingat harga saham yang selalu naik turun setiap harinya. Namun jangan khawatir mengenai saham pilihan selama mengetahui penyebab naik turunnya harga saham dan juga percaya pada kondisi fundamental perusahaan.

  1. Kondisi Fundamental Perusahaan

Kondisi perusahaan yang bagus dalam jangka waktu lama akan mempengaruhi harga saham ke depannya yang terus naik ataupun stabil dalam jangka waktu yang lama. Beberapa konsisi fundamental yang dapat mempengaruhi adalah produk baru yang dikeluarkan ataupun laporan keuangan bulanan yang selalu mencapai target ke depannya. Selain itu jika perusahaan tersebut banyak dicari oleh konsume maka akan mempengaruhi dengan tingginya harga saham namun memberikan untung yang lebih banyak juga. Sebelum membeli saham pastikan dulu kondisi keuangan perusahaan selalu konsisten bagus dalam jangka waktu yang lama.

2. Nilai Rupiah Saat Ini

Nilai rupiah juga mempengaruhi harga saham yang beredar di pasaran. Biasanya saat nilai rupiah menurun maka harga saham juga ikut menurun begitu juga sebaiknya. Sebagai trader atau investor pun juga harus siapkan strategi yang tepat disaat nilai rupiah mengalamu penurunan ataupun kenaikan.

.

3. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah juga dapat mendorong naik turunnya harga saham. Salah satu contohnya adalah apabila ada suatu kebijakan yang baik terhadap harga konsumsi maka akan mempengaruhi pada naiknya harga saham konsumsi begitupun sebaliknya. Namun hal ini biasanya tidak bertahan lama dan hanya dalam jangka waktu harian ataupun mingguan.

4. Kepanikan Pasar

Selain nilai tukar rupiah dan juga kebijakan pemerintah, kepanikan pasar juga bisa jadi penentu naik turunnya harga saham. Salah satu contohnya adalah ketika ada berita tentang sebuah perusahaan yang melaintai di bursa saham, apabila perusahaan tersebut terkenal maka akan banyak orang yang memburunya dan membuat harga saham menjadi naik tinggi karena banyaknya peminat. Selain itu apabila ada salah satu kejadian seperti pandemi saat ini juga menaikkan nilai suatu emiten seperti emiten farmasi yang naik daun akhi-akhir ini. Kepanikan pasar terkadang juga mempengaruhi emosi sehingga akhirnya menjual saham yang terlihat turun padahal bisa saja naik dalam jangka waktu dekat. Memiliki strategi yang tepat juga dapat membantu untuk mengatasi kepanikan pasar. Salah satu cara mempelajarinya adalah dengan belajar investasi saham syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :