fbpx

TIPS

Investor Pemula Hindari Dulu Beberapa Kesalahan Ini

Saat pertama memasuki pasar modal terkadang banyak sekali kesalahan yang dilakukan oleh pemula. Hal ini tentu saja biasa terjadi karena pasar modal sendiri juga tempat yang awam bagi banyak orang. Namun sebaiknya hindari dulu beberapa hal ini agar langkah awal memasuki pasar modal semakin lancar

  1. Terkecoh Harga Murah

Hal pertama yang mesti dihindari adalah terkecoh dengan harga murah yang sering membuat banyak orang tergiur namun sayangnya membuat kita sering lupa untuk memperhatikan fundamental perusahaan padahal faktor ini merupakan hal penting sebelum berinvestasi di pasar modal.

2. Terlalu Mengikuti Trend

Selain itu, sebagai pemula biasanya mencari rekomendasi untuk mendapatkan saham yang terbaik namun sayangnya tak semua saham akhirnya sesuai ekspektasi hingga akhirnya mengalami kerugian pertama di pasar modal.

3. Belum Analisa Portofolio

Salah satu alasan mengapa invetsor pemuka mengalami kerugian adalah kurangnya analisa portofolio sehingga tidak mengetahui apakah saham pilihan sudah turun dalam jangka waktu lama sehingga terpaksa harus menjual dengan harga rugi untuk menghindari kerugian yang lebih besar. Meskipun investasi untuk jangka panjang jangan lup juga untuk analisa portofolio secara rutin agar terhindar dari kerugian.

4. Kurangnya Tujuan Investasi

Investor pemula yang baru saja memasuki pasar modal biasanya diajak teman terdekatnya untuk memulai investasi padahal masih awam mengenai pasar modal sehingga saat pertama kali memulai transaksi akhirnya hanya ikut-ikutan teman sehingga saat harga mendadak turun menjadi panik. Padahal jika fundamental sahamnya bagus tidak perlu khawatir harga yang menurun karena tetap akan memberikan hasil yang baik ke depannnya. Tujuan investasi diperlukan untuk menghitung saham yang cocok dan dapat bertahan dalam jangka waktu lama seseuai tujuan investasi yang dimiliki.

5. Hanya Investasi di Satu Emiten

Berinvestasi di pasar modal disarankan untuk menanamkan modal di lebih di satu emiten. Hal ini dilakukan untuk mencegah apabila saham pilihan terpaksa keluar dari pasar modal, terkena suspend, ataupun terpaksa cutloss karena harga saham yang turun menurun dalam jangka waktu yang lama. Memiliki saham cadangan bisa berguna untuk mengatasi masalah ini sehingga tidak rugi besar.

6. Memulai Investasi dengan Uang Panas

Investasi di pasar modal sebaiknya menggunakan uang yang sudah tidak terpakai agar disaat saham menurun tidak terjadi kerugian yang besar. Memulai investasi dengan uang simpanan akan menimbulkan rasa was-was yang tinggi dan keinginan untuk melunasi lebih tinggi sedangkan harga saham tidak menentu turunnya apabila salah strategi maka akan menyebabkan kerugian di pasar modal. Persiapkan diri sebelum memasuki pasar modal dengan ikuti kelas gratis belajar saham syariah di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :