fbpx

TIPS

Jaga Keuangan di Masa Pandemi Dengan Strategi Berikut

Pandemi yang berkepanjangan mau tak mau ikut mengganggu keuangan yang mulanya stabil namun kemudian menurun karena kehilangan pekerjaan, omzet yang menurun ataupun berkurangnya penghasilan. Sebelum keuangan semakin memburuk ada baiknya untuk menjaga keuangan di pertengahan tahun dengan berbagai strategi berikut

  1. Kurangi Hutang yang Dimiliki

Strategi pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi berhutang. Hal ini dilakukan agar tidak menambah beban ke depannya karena adanya tanggungan yang harus dibayar dalam jangka waktu tertentu. Mulai dengan mengurangi hutang terkecil agar bisa terlunasi sedikit demi sedikit dan tidak merasa berat dalam melunasinya

2. Siapkan Dana Darurat

Selain itu siapkan juga dana darurat yang dapat digunakan ketika terjadi musibah yang tidak terduga sehingga tidak akan mengganggu isi tabungan. Dana darurat bisa disipakan dengan menyisihkan dana dari penghasilan bulanan dan menyisihkan dari tabungan agar dananya tidak tercampur.

3. Rombak Daftar Pengeluaran

Berkurangnya penghasilan akhirnya membuat kita merubah daftar pengeluaran yang ada agar penghasilan yang dimiliki saat ini cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Pisahkan dengan kebutuhan yang dibutuhkan dalam jangka waktu dekat dan juga keinginan yang bisa ditunda lain waktu. Selain itu, mengubah barang yang biasa dibeli ke harga yang lebih murah dapat membantu untuk mengurangi pengeluaran dari penghasilan yang ada.

4. Ubah Skala Prioritas

Setelah merubah daftar pengeluaran ubah juga skala prioritas. Pilihlah kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini dan juga bisa ditunda dalam jangka waktu lama. Selain itu alihkan dana yang terpakai seperti dana liburan karena sedang masa pandemi untuk memenuhi kebutuhan bulanan dan harian selama penghasilan dipotong akibat pandemi.

5. Alokasikan Dana Untuk Tabungan

Meskipun penghasilan berkurang, namun jangan sampai isi tabungan turut berkurang namun harus bertambah walaupun tidak sebanyak dulu. Alokasikan dana untuk isi tabungan setiap bulannya agar masa depan tetap terjamin walaupun penghasilan menurun.

6.Tambah Pendapatan

Penghasilan yang menurun berarti sebuah tanda untuk tambah pendapatan. Sayangnya walau penghasilan menurun namun jam kerja semakin meningkat bahkan semakin siuk tiap harinya sehingga tidak ada waktu untuk tambah penghasilan. Karenanya perlulah cari solusi baru untuk tambah pendapatan walau sedang sibuk dengan belajar investasi saham syariah yang bisa dipelajari secra gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :