fbpx

TIPS

Mau Jadi Trader atau Investor? Ketahui Dulu Perbedaannya

Di dalam pasar modal, ada dua tipe pengguna yaitu trader dan juga investor. Keduanya dibedakan karena tujuan investasi dan juga keuntungan yang di dapatkan di pasar modal.

Karenanya sebelum memasuki pasar modal ketahui dulu perbedaannya agar bisa mengetahui teknik yang tepat dan bisa digunakan di pasar modal sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama dan juga menambah penghasilan dalam waktu bersamaan

  1. Jangka Waktu Jual dan Beli Saham

Perbedaan pertama antara trader dan investor adalah jangka waktu jual dan beli saham. Trader sendiri biasnaya membeli saham yang baru diluncurkan sambil melihat potensi ke depannya apakah akan naik dalam jangka waktu cepat atau tidak, jika dirasa tidak mengalami kenaikan yang signifikan maka trader akan membiarkannya atau menjualnya ketika harganya naik secara cepat. Sementara investor biasanya membeli ketika harga sedang turun dan menyimpannya dalam jangka waktu lama sehingga bila dijual harganya bisa naik tajam atau mengincar deviden dari suatu saham sehingga tidak mempedulikan harga belinya asalkan fundamentalnya bagus dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

2. Waktu Jual Saham Antara Trader dan Investor

Perbedaan kedua adalah waktu jual saham bagi trader dan investor. Trader biasanya mengecek sahamnya minimal sehari sekali untuk mengetahui apakah harga sahamnya naik ataupun turun, ketika harga saham naik atau turun dalam jangka waktu lama maka trader akan menjualnya untuk mendapatkan keuntungan ataupun menjaga keuntungan. Selain itu, investor cenderung menjaga sahamnya dalam jangka waktu lama dan bisa tahunan agar keuntungannya semakin berlipat di tahun mendatang.

3. Keuntungan Antara Trader dan Investor

Jangka waktu yang berbeda tentu saja menentukan keuntungan antara trader dan investor. Trader biasanya menyebar modalnya di banyak tempat sehingga hasilnya akan lebih bervariasi tergnatung kenaikan harga saham yang dipilih. Sedangkan investasi biasanya fokus pada beberapa saham namun selalu membeli dalam jumlah yang banyak agar hasil devidennya lebih banyak.

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :