fbpx

TIPS

4 Tanda Harus Perbaiki Manajemen Keuangan

Bertahun-tahun bekerja dan sudah memiliki penghasilan yang mapan setiap bulannya namun mengapa setiap bulan rasanya masih kurang bahkan haru menambah hutang setiap bulannya. Keadaan yang terus berlangsung ini lama kelamaan akan merugikan diri sendiri ke depannya. Karenanya Ketahui dulu empat tanda yang muncul sebelum memperbaiki manajamen keuangan agar masa depan tidak terbebani oleh hutang yang menumpuk.

  1. Belum Memiliki Anggaran Keuangan

Salah satu tanda yang wajib diwaspadai untuk mulai memperbaiki manajemen keuangan adalah tiadanya anggaran keuangan selama harian, mingguan, atau bulanan. Penghasilan yang tidak diatur dengan anggaran keuangan akan menimbulkan kebiasaan foya-foya di awal namun akhirnya mengalami kebangkrutan di akhir bulan. Apabila hal ini dilakukan terus menerus maka akan merusak keuangan secara perlahan. Mulailah memperbaiki anggaran keuangan untuk memperbaiki manajemen keuangan yang memburuk.

2. Kurangnya Dana Darurat

Kebanyakan orang mengandalkan tabungan sebagai proteksi diri apabila terjadi sesuatu yang mendadak. Padahal diperlukan dana lain sebagai perlindungan sehingga tabungan tetap aman walaupun ada berbagai kecelakaan atau musibah yang tiba-tiba datang. Dana darurat dibutuhkan untuk pembiayaan musibah atau kecelakaan yang tidak diinginkan. Dana darurat ini bisa diperoleh dari menyisihkan penghasilan bulanan yang kemudian dikumpulkan ke rekening berbeda dan terpisah sehingga tidak akan tercampur dengan pengeluaran yang lain.

3. Hutang Terlalu Menumpuk

Hutang yang terlalu menumpuk bisa menjadi sebuah tanda bahwa manajemen keuangan yang dimiliki sedang memburuk. Penghasilan yang sudah di dapatkan dalam sebulan sebaiknya dikelola dengan baik agar tidak berhutang untuk kebutuhan belum terlalu penting. Perhatikan juga kemampuan untuk berhutang jika terpaksa berhutang untuk memenuhi kebutuhan pokok.

  1. Tidak Memiliki Tabungan

                   Bekerja bertahun-tahun namun penghasilan sering lenyap dan tidak disertai juga memiliki tabungan yang cukup. Hal ini menjadi sebuah tanda bahwa manajemen keuangan masih belum membaik. Karenanya memiliki sebuah tabungan diperlukan sebagai antisipasi dan juga membantu memenuhi kebutuhan di masa pensiun. Selain menabung di bank, pasar modal juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk menabung sehingga bisa lebih berkembang sehingga terhindar dari inflasi Sebelum memulai menabung di pasar modal, ada baiknya untuk pelajari dulu cara investasinya secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :