fbpx

TIPS

Perbedaan Investasi dan Trading yang Wajib Diketahui

Sebelum memasuki pasar modal tentu saja banyak ketakutan yang menghampiri apalagi bagi yang baru pertama kali memulai investasi ataupun trading di pasar modal. Karenanya diperlukan persiapan khusus sebelum memasuki pasar modal agar semakin siap memperoleh penghasilan sampingan dari pasar modal.

  1. Investasi Bersifat Jangka Panjang Sedangkan Trading Lebih Pendek

Investasi sendiri dilakukan dalam jangka waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan trading yang biasanya dilakukan dalam jangka waktu harian ataupun mingguan. Hal ini dilakukan karena investor mengincar deviden yang besar sehingga menabung saham dalam jumlah banyak dalam jangka waktu lama berbeda dengan trader yang menginginkan hasil yang lebih banyak dalam jangka waktu harian ataupun mingguan.

2. Keuntungan dari Investasi Berbeda dengan Trading

Jangka waktu yang berbeda antara investor dan trader membuat keuntungan yang di dapatkan dari investasi dan trading juga tak sama. Investasi biasanya memperoleh hasil dari deviden yaitu bagi hasil yang di dapatkan setelah menyimpan saham dalam jangka waktu setahun sedangkan keuntungan daru trading di dapatkan dari capital gain yang merupakan hasil penjualan dengan selisih yang berbeda dari pembeliannya terdahulu.

3. Investasi dan Trading Menggunakan Analisa yang Berbeda

Berbedanya hasil yang di dapatkan antara investasi dan trading tentu saja diawali dengan perbedaan analisa antara investasi dan trading. Sebelum memulai investasi, seorang investor biasanya menganalisa terlebih dahulu laporan keuangan tahunan sebuah perusahaan. Apabila hasilnya bagus dalam jangka waktu yang lama dan juga produknya dapat bertahan lama maka seorang investor akan tertarik untuk membeli sahamnya dengan harapan hasilnya akan bertambah setiap tahunnya. Sedangkan seorang trader biasanya membaca laporan keuangan saham per harian atau bulanan, apakah dalam kondisi stabil ataupun terus turun. Hal ini akan mendasari keputusan trader untuk memulai membeli ataupun menjual sahamnya.

4. Menabung atau Jual Harian?

Pilih menabung sebagai investor atau jual harian seperti trader? Semuanya adalah pilihan masing-masing. Akan tetapi jangan lupa juga untuk iringi dengan ilmu saham di pasar modal agar tidak terjebak dan menghasilkan keuntungan yang lebih di pasar modal, dimulai dengan belajar investasi saham syariah secraa gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :