fbpx

TIPS

Cara Mengatasi Ketakutan di Pasar Modal

Sebelum memasuki pasar modal tentu saja banyak ketakutan yang menghampiri apalagi bagi yang baru pertama kali memulai investasi ataupun trading di pasar modal. Karenanya diperlukan persiapan khusus sebelum memasuki pasar modal agar semakin siap memperoleh penghasilan sampingan dari pasar modal.

  1. Pastikan Modal Berasal dari Uang Dingin

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi ketakutan di pasar modal adalah dengan memulai investais ataupun trading dengan uang dingin, dengan menggunakan uang yang sudah tidak dipakai maka akan mengurangi kekhawatiran apabila terjadi kerugian akibat saham pilihan mendadak mengalami kerugian karena berbagai hal. Selain itu jika menggunakan uang dingin maka emosi lebih stabil karena uang yang digunakan tidak digunakan untuk memenuhi kebutuhan bulanan ataupun harian.

2. Buat Strategi Sebelum Memasuki Pasar Modal Setiap Hari

Setelah menyiapkan modal untuk memasuki pasar modal, jangan lupa buatlah strategi dalam jual beli dan memilih saham. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerugian dengan memilih saham yang tepat serta membelinya di harga terendah serta menjualnya di harga tertinggi sehingga keuntungan yang dimiliki pun bisa lebih maksimal. Cara membuat strateginya pun bisa dilakukan sebelum jam pasar dibuka sehingga saat memulai trading tidak perlu bingung ataupun salah strategi.

3. Hitung Kerugian Apabila Saham yang Dimiliki Melakukan Cutloss

Seperti berjualan pada umumnya, tak jarang saham yang dimiliki mendadak rugi besar. Hal ini bisa saja terjadi apabila saham pilihan mengalami kerugian sehingga nilai jualnya anjlok di pasar modal. Apabila hal ini terjadi maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan cut loss ataupun jual rugi. Karenanya sebelum memulai untuk memilih saham, perhitungkan juga kerugiannya dengan melihat laporan keuangan tahunan selama beberapa tahun terakhir. Walaupun terlihat menyusahkan namun hal ini sangat membantu untuk mengurangi kerugian yang ditanggung.

4. Ketahui Waktu yang Tepat untuk Jual Beli Saham

Disaat memiliki saham janganlah dulu untuk langsung menjualnya melainkan perhatikan juga waktu yang tepat untuk menjualnya agar memperoleh hasil yang maksimal. Selain itu, janganlah terlalu panik untuk langsung menjualnya ketika harga saham dalam kondisi tertinggi karena bisa saja harganya akan naik lagi beberapa hari mendatang.

5. Milikilah Target dalam Investasi ataupun Trading

Salah satu alasan mengapa rasa ketakutan muncul sebelum memulai investasi adalah tidak adanya target investasi sebelum memasuki pasar modal sehingga hanya ikut-ikutan tanpa mengetahui mengapa harus berinvestasi ataupun trading di pasar modal. Sebaiknya tentukan dulu tujuan investasi untuk mengetahui berapa modal yang dibutuhkan serta berapa lama tujuan investasi akan dipenuhi sehingga memiliki target yang terukur dalm berinvestasi.

6. Jangan Lupa Kontrol Emosi di Pasar Modal

Harga saham yang naik turun secara cepat terkadang membuat emosi tidak terarah sehingga tanpa sadar melakukan kesalahan karena takut untuk kehilangan momen untuk jual saham padahal harga yang dimiliki bisa naik lebih tinggi lagi.

7. Pelajari Lebih Dulu Tentang Investasi Saham Syariah

Ketakutan yang muncul disaat memulai investasi di pasar modal bisa saja juga muncul karena belum memiliki ilmu yang cukup dan juga memulai investasi ataupun trading sendirian tanpa mentor sehingga terkadang timbul keraguan untuk mengambil keputusan. Karenanya sebelum memulai investasi perbanyak dulu ilmunya dengan belajar investasi saham syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :