fbpx

TIPS

Cara Raih Kebebasan Finansial Walau Penghasilan UMR

Penghasilan yang sebatas UMR terkadang membuat banyak orang berfikir apakah bisa mendapatkan kebebasan finansial ditambah lagi dengan kebutuhan yang meningkat setiap tahunnya dan juga berbagai tanggungan lan yang harus dipenuhi. Tentu saja bisa asalkan dimulai dengan niat dan juga beberapa tips berikut

  1. Mengetahui Kondisi Keuangan

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengetahui kondisi keuangan yang dimiliki saat ini, hal ini dapat membantu untuk menentukan anggaran keuangan untuk disusun kembali guna menuju kebebasan finansial yang dilakukan.

2. Rutin Membuat Anggaran Setiap Bulan

Cara kedua yang sebaiknya dilakukan adalah dengan membuat anggaran pengeluaran setiap bulan yang telah disesuaikan dengan target kebebasan finansial yang diinginkan. Kurangi anggaran yang menurut anda tidak penting dan alihkan ke akun tabungan untuk mencapai kebebasan finansial yang diinginkan.

3. Sisihkan Uang Untuk Menabung dan Dana Darurat

Salah satu kunci untuk meraih kebebasan finansial adalah dengan memperbanyak pos tabungan ataupun simpanan lainnya yang dapat membantu untuk mewujudkan kebebasan finansial. Salah satunya adalah mempersiapkan dana darurat yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak sehingga tidak mengganggu pemasukan dan pengeluaran yang lain.

4. Mulai Belajar Investasi

Jalan menuju kebebasan finansial tentu saja sulit untuk dicapai apabila mengandalkan penghasilan utama. Diperlukan jalan lain untuk membantu membawa ke kebebasan finansial. Salah satunya adalah dengan memulai untuk investasi dan trading di pasar modal dimulai dengan belajar investasi saham syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :