fbpx

TIPS

Jurus Jitu Bertahan Hidup Tanpa Hutang di Masa Pandemi

Masa pandemi yang tidak kunjung usai ditambah juga dengan PPKM yang ikut mengiringi lama kelamaan ikut menguras isi tabungan dan rekening. Disaat hal ini terjadi berhutang menjadi salah satu solusi yang terpaksa dilakukan untuk menjaga isi tabungan. Akan tetapi sebelum hal ini dilakukan,beberapa cara ini bisa diterapkan sebelum berhutang agar tidak menjadi beban ke depannya.

  1. Penuhi Dulu Kebutuhan Pokok

Jurus pertama yang bisa dilakukan untuk memutuskan berhutang adalah dengan memenuhi terlebih dahulu keputuhan pokok selama beberapa bulan sampai mendapatkan penghasilan bulanan. Sisihkan dulu beberapa kebutuhan tersier untuk digunakan guna mengisi kekosongan dana untuk kebutuhan pokok.

2. Jangan Dulu Tambah Hutang

Selain itu janganlah dulu untuk menambah hutang agar tidak memberatkan diri untuk melunasi hutang yang sudah ada. Gunakan dahulu dana yang ada untuk memenuhi kebutuhan pokok dan bisa juga mengikhlaskan beberapa barang yang tidak lagi terpakai untuk dijual guna memenuhi kebutuhan hidup.

3. Tambah Isi Tabungan dan Mulai Berhemat

Memulai hidup berhemat bisa dilakukan untuk menunda memulai berhutang. Salah stau tips berhemat yang bisa dilakukan adalah dengan membawa bekal makanan dari rumah. Selain menyehatkan, membawa makanan dari rumah juga membantu untuk mengurangi pengeluaran untuk membeli makanan di luar sehingga menghemat pengeluaran. Selain itu, sisihkan pula uang harian untuk dimasukkan ke tabungan sehingga isi tabungan juga ikut bertambah walau sedang berhemat.

4. Mulai Tambah Penghasilan di Luar Jam Kerja

Penghasilan berkurang namun tidak ingin berhutang maka harus diselesaikan dengan mencari tambahan penghasilan di luar jam kerja. Walaupun begitu, tidak banyak yang memiliki energi cukup untuk kembali bekerja setelah mengerjakan pekerjaan utama. Karenanya haruslah cari solusi baru untuk tambah penghasilan yang membutuhkan sedikit waktu namun tetap menghasilkan pendapatan yang lumayan. Salah satunya adalah dengan belajar investasi saham syariah yang bisa diikuti secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :