fbpx

TIPS

Kurangi Resiko Kerugian di Pasar Modal dengan Langkah Berikut

Berkali-kali trading di pasar modal namun malah rugi besar dan malah tidak menghasilkan sama sekali?. Mungkin saja terjadi apabila memulai masuki pasar modal sama sekali dan hanya mengandalkan informasi orang lain yang akhirnya malah merugikan diri sendiri. Sebelum memasuki pasar modal ketahui dulu cara untuk mengurangi resiko di pasar modal

  1. Ketahui Resiko Sebelum Membeli Saham

Berinvestasi ataupun trading di pasar modal tentunya ada resiko yang tidak bisa dihindari. Salah satu cara untuk menghidarinya adalah dengan memperkecil resiko dengan dengan menganalisa pergerakan saham secara rutin. Apabila ada indikasi saham yang dimiliki memiliki kerugian yang cukup besar maka bisa untuk menjual sahamnya dengan harga yang ada. Walaupun berat namun hal ini bisa dilakukan untuk menghindari kerugian yang lebih besar ke depannya.

2. Analisa Pergerakan Teknikal Saham

Saham yang selalu bergerak secara naik dan turun setiap harinya haruslah dianalisa secara rutin apalagi bagi trader yang menginginkan hasil yang besar dari penjualan saham. Bagi pemula hal ini juga perlu dilakukan untuk mempelajari lebih banyak tentang saham sebelum melangkah untuk membeli lot saham yang lebih besar.

3. Gunakan “Uang Dingin”

Sebelum memulai investasi gunakanlah uang dingin atau uang yang tidak digunakan untuk kebutuhan bulanan ataupun harian. Uang ini bisa berasal dari sisa uang yang dikumpulkan setiap bulannya ataupun jatah yang disisihkan setelah gaji bulanan keluar. Hal ini dilakukan agar tidak memberatkan dan juga menghindari rasa penyesalan yang berlebihan ketika terjadi cut loss.

4. Selalu Evaluasi Portofolio Secara Rutin

Jangan lupa selalu evaluasi portofolio secara rutin baik mingguan ataupun bulanan sehingga bisa mengetahui saham mana yang mengalami penurunan ataupun kenaikan selama ini. Selain itu, evaluasi juga berguna untuk memilih saham yang sekiranya sudah tidak menghasilkan lagi. Jangan lupa juga pelajari resiko sebelum memasuki pasar modal secara gratis bersama ahlinya di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :