fbpx

TIPS

Lima Kesalahan yang Biasanya Dilakukan Investor Pemula

Sebagai pemula adalah sebuah kewajaran bisa melakukan kesalahan di pasar modal, tetapi jangan sampai kesalahan ini dilakukan terus menerus jika tidak mau pada akhirnya merugi dan menyebabkan kebangkrutan karena minimnya pengetahuan dan informasi.

.

  1. Belum Siap Finansial dan Mental Untuk Investasi

Kesalahan pertama yang biasanya dilakukan investor pemula adalah kurangnya kesiapan finansial ataupun mental untuk memulai investasi. Investasi di saham sendiri bisa dimulai dengan modla 100 ribu namun bagi sebagian orang yang menginginkan hasil yang lebih cepat datang akhirnya memaksakan diri untuk memulai investasi dengan modal yang lebih besar hingga akhirnya memaksakan diri untuk berhutang hingga akhirnya menyesal ketika saham merugi. Sebelum memulai investasi ataupun trading di pasar modal, pastikan dulu untuk menyiapkan mental dan psikologi sehingga tidak terlalu mengharapkan hasil yang besar di awal namun bertahap untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Persiapan Target Investasi Kurang

Kesalahan kedua yang biasanya dilakukan adalah tidak adanya target yang jelas, apakah hasil yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau untuk kebutuhan di masa depan seperti tabungan haji ataupun tabungan pendidikan anak. Adanya persiapan target ini membantu juga untuk persiapan modal dan juga menghitung beberapa keuntungan dan kerugian yang akan diperoleh apabila berinvestasi di pasar modal dengan saham yang dipilih.

3. Terlalu Percaya pada Orang Lain

Sebagai pemula biasanya akan mendengarkan saran dari orang lain ataupun membaca rekomendari dari yang lebih berpengalaman. Sayangnya tidak semua rekomendasi bisa langsung diterapkan karena bedanya pengalaman dan juga modal yang dimiliki. Karenanya saat memulai masuki pasar modal jangan terlalu langsung percaya pada rekomendasi melainkan ambil ilmu yang dimiliki sehingga bisa dipelajari dan diterapkan saat trading ataupun investasi.

4. Menempatkan Dana Investasi di Satu Saham

Disaat memasuki pasar modal sebaiknya tidak menempatkan deposit di satu saham guna menghindari adanya kerugian saat saham yang dipilih mengalami penurunan harga atau dikeluarkan dari indeks saham karena permasalahan keuangan. Selain itu jika menempatkan dana di dua saham maka keuntungannya bisa berlipat dibandingkan hanya memilih satu saham.

5. Belum Menguasai Teknik Investasi yang Dipilih

Sebagai pemula tentu saja bisa memaklumi apabila belum menguasai teknik investasi sehingga perlu mencoba berbagai teknik investasi yang cocok untuk dilakukan sehari-hari. Karenanya sebelum memasuki pasar modal haruslah memiliki teknik yang tepat untuk memulai berinvestasi di pasar modal. Ketahui teknik yang tepat untuk berinvestasi dan cocok dengan kegiatan dan kesibukan sehari-hari. Salah satu cara untuk temukan terkniknya adalah dengan belajar investasi saham syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :