fbpx

TIPS

Ketahui Cara Ini Sebelum Memilih Saham Untuk Jangka Panjang

Memilih investasi di pasar modal tentunya harus dibarengi juga kemampuan untuk memilih saham jangka panjang. Hal ini dilakukan agar tidak salah memilih saham yang akan diinvestasikan sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama dan juga menghasilkan. Yuk cari tahu caranya dengan beberapa langkah berikut.

  1. Pahami Cara Membaca Indeks Saham dan Jenis-jenisnya

Pilihan saham yang beraneka ragam di pasar moal terkadang membuat bingung dan ujung-ujungnya percaya pada rekomendasi yang ternyata tidak cocok dengan modal ataupun pilihan dalam berinvestasi di pasar modal. Padahal jika mengetahui saham yang tepat dan cocok maka akan lebih mudah untuk berinvestasi di pasar modal. Karenanya sebelum memilih saham ketahui dulu cara membaca indeks saham baik kenaikan ataupun penurunan harga dan juga nilai jual saham untuk beberpa tahun ke depan. Hal ini akan membantu memudahkan untuk berinvestasi di pasar modal dan juga modal yang dikumpulkan akan menguntungkan dan kembali beberapa kali lipat.

2. Gunakan Analisa Fundamental dan Teknikal

Selain mengetahui cara membaca indeks saham, jangan lupa juga untuk menganalisa saham secara fundamental dna teknikal. Analisa saham fundamental digunakan untuk mengetahui prospek sebuah saham untuk beberapa tahun ke depan dilihat dari catatan keuangannya yang terdahulu, sedangkan analisa teknikal berguna untuk mengetahui kondisi pergerakan saham setiap harinya sehingga bisa mengetahui waktu yang tepat untuk menjual ataupun menambah lot saham.

3. Selalu Perbarui Informasi Setiap Hari

Disaat menggunakan analisa fundamental ataupun teknikal sekalipun jangan lupa untuk selalu perbarui informasi pergerakan saham setiap harinya sehingga bisa berjaga-jaga bila suatu saat saham yang dimiliki mendadak turun ataupun tidak ada pergerakan dalam waktu yang lama maka inilah waktu yang tepat untuk cutloss dan memilih saham yang lainnya untuk diperdagangkan.

4. Pilih Saham yang Memberikan Keuntungan Jangka Panjang

Banyaknya saham di pasar modal terkadang membuat kita tergoda untuk membeli saham yang sedang naik daun hingga akhirnya menyesal ketika saham pilihan menurun. Karenanya pilihlah saham yang memberikan keuntungan jangka panjang. Hal ini bisa dilihat dari emiten yang sering digunakan dan juga catatan devidennya yang selalu meningkat setiap tahunnya.

5. Miliki juga Manajemen Pengelolaan Uangnya

Modal yang besar bila tidak dikelola dengan baik tentu saja akan menghasilkan kerugian, berbanding terbalik ketika memulai investasi dengan modal kecil namun rutin setiap bulannya maka akan menghasilkan keuntungan yang besar. Jangan mudah terlena apabila menempatkan dana di suatu saham dan membiarkannya dalam jangka waktu lama tanpa mengecek kondisi sahamnya secara rutin. Bisa saja saham pilihan harus delisting karena kondisi keuangan yang memburuk dalam jangka waktu lama sehingga harus didepak dari pasar modal yang akhirnya merugikan diri sendiri.

6. Ketahui Style Investasi yang Cocok

Kesibukan orang yang berbeda-beda akhirnya memaksa untuk memilih satu gaya investasi ataupun trading yang cocok. Ada yang bisa melakukan trading setiap hari atau ada juga yang bisa mengecek seminggu sekali dan menjual ketika mendapat informasi harga saham pilhan sedang tinggi. Sebelum memasuki pasar modal haruslah tahu terlebih dulu mana gaya investasi yang cocok dimulai dengan belajar investasi saham syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :