fbpx

TIPS

Cara Menghindari Spekulasi Sebelum Masuki Pasar Modal

Sebagai trader tentunya sering ditemui spekulasi tentang saham yang sedang dipegang ataupun naik daun di pasaran. Hal ini jangan sampai membuat terkecoh untuk ikut-ikutan hingga akhirnya memilih saham yang tidak sesuai kriteria dan hasilnya malah merugikan. Oleh karena itu ikuti dulu beberapa cara ini untuk menghindari spekulasi di pasar modal

  1. Analisa Keuangan Perusahaan Secara Menyeluruh

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghindari spekulasi di pasar modal adalah dengan menganalisa keuangan perusahaan secara menyeluruh sehingga apabila ada informasi yang simpang siur tidak tergoda untuk mengikuti karena sudah memiliki informasi tersendiri terhadap saham yang dimiliki.

2. Gali Lebih Banyak Informasi

Cara kedua adalah dengan menggali lebih banyak informasi tentang saham yang dipilih, tidak hanya analisa fundamentalnya tetapi juga berita yang tengah beredar tentang saham yang dipilih. Apabila saham yang dipilih memiliki berita yang bagus untuk jangka waktu lama maka bisa dipilih karena telah teruji kekuatannya di pasar modal.

3. Saham Naik Turun Secara Cepat

Saham yang terlalu sering naik dan turun dalam jangka waktu yang cepat juga perlu diwaspadai karena hal ini akan menimbulkan spekulasi bahwa saham sedang digoreng sehingga akan banyak orang yang memilih untuk membelinya. Bagi seorang trader yang sudah bergerak lama di pasar modal tentu saja mudah untuk mengakalinya namun bagaimana dengan yang baru saja masuk ke pasar modal? Tentu saja bila tidak siap maka akan mengikuti arus dan bisa saja mengalami kerugian apabila tidak siap. Bagi pemula pilihlah saham yang telah teruji tahan banting sehingga aman terhindar dari resiko saham yang digoreng.

4. Terlalu Sering “digoreng”

Saham yang memilliki market cap yang kecil biasanya memiliki kecenderungan untuk digoreng sehingga menaikkan daya jualnya di mata investor dan trader. Namun, saham yang digoreng juga biasanya menimbulkan spekulasi sehingga bagi pemula hindari dulu saham gorengan jika tidak mau terkena penyakit dari pasar modal.

Jangan lupa juga untuk pelajari dulu cara memilih saham yang baik agar tidak terjebak saham gorengan dengan belajar investasi saham syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :