fbpx

TIPS

5 Hal Dasar Sebelum Memulai Investasi

Sudah siap modal dan mental namun masih belum mengetahui apapun tentang pasar modal? Yuk ketahui dulu berbagai hal dasar sebelum memulai investasi ataupun trading di pasar modal. Hal pertama yang wajib diketahui adalah mengetahui bagaimana caranya memperoleh keuntungan dari saham.

  1. Ketahui Cara Peroleh Keuntungan dari Saham

Sebagai pemula pastinya sering bertanya-tanya, bagaimana cara memperoleh keuntungan dari saham. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menjual sahamnya melebihi harga beli, semakin banyak lot yang dimiliki maka semakin besar pula hasilnya. Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan memperoleh deviden setiap sekali ataupun dua kali setahun. Tentu saja tidak semua saham membagikan deviden karenanya pilihlah emiten yang rutin membagikan deviden setiap tahun sebelum membeli saham di pasar modal.

2. Jangan Percayai Rekomendasi Sebelum Analisa

Sebagai seorang pemula adalah suatu kewajaran untuk mendengarkan pendapat dari yang berpengalaman ataupun lebih lama memasuki pasar modal. Akan tetapi tidak semua rekomendasi bisa didengarkan apabila belum mengetahui kondisi keuangan saham secara menyeluruh. Karenanya sebelum mengikuti rekomendasi maka akan lebih baik dibekali dengan ilmu dan informasi yang cukup tentang saham yang dipilih.

3. Ketahui Modal Awal yang akan Digunakan

Selain itu untuk memulai investasi ataupun trading di pasar modal bisa dimulai dengan modal yang terkecil terlebih dahulu asalkan rutin ditambah setiap bulannya. Jangan lupa gunakan uang dingin sehingga tidak mengganggu pemasukan dan pengeluran bulanan setiap bulannya.

4. Temukan Broker yang Tepat

Jangan lupa juga untuk membuka akun untuk memulai investasi di pasar modal. Temukan juga broker yang tepat dan mudah untuk dihubungi sehingga mempermudah jalan untuk memasuki pasar modal.

5. Berapa Lama Ingin Investasi

Pasar modal juga jadi tempat yang tepat untuk melakukan investasi. Karenanya sebelum memulai debut di pasar modal ketahui dulu berapa modal yang dibutuhkan untuk mencapai keinginan dengan melakukan investasi. Modal yang besar sekalipun juga harus diimbangi ilmu untuk memasuki pasar modal.

6. Pahami Lebih Dalam Tentang Saham

Hal yang paling penting untuk memasuki pasar modal adalah dengan memahami lebih dalam tentang saham dan pasar modal agar tidak terjebak di pasar modal. Karenanya temukan mentor yang tepat dan dapat membimbing di pasar modal dimulai dengan ikuti kelas gratis belajar saham syariah di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :