fbpx

TIPS

7 Ciri-Ciri Ini Jadi Tanda Untuk Siap pensiun dini

Sudah lelah bekerja dan ingin pensiun dini? Sebelum memulai rencana pensiun dini pastikan dulu beberapa hal ini sudah terselesaikan dan dipernuhi terlebih dahulu agar keinginan untuk pensiun dini bisa terwujudkan dan berjalan dengan lancar tanpa memikirkan resiko ke depannya.

  1. Sudah terbebas dari hutang

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pastikan sudah terbebas dari hutang sehingga saat pensiun dini sudah dilakukan maka hidup pun menjadi lebih tenang tanpa harus bekerja kembali untuk melunasi hutang. Selain itu pastikan juga untuk memiliki dana pensiun untuk membiayai kebutuhan selama masa pensiun hingga hari tua.

2. Memiliki Dana Pensiun

Sebelum memutuskan pensiun dini pastikan juga sudah memiliki dana pensiun yang dapat membantu biaya hidup sehari-hari. tentukan pula besaran dana pensiun yang harus disiapkan untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari selama masa pensiun hingga hari tua nanti. Dana pensiun paling tidak juga menanggung dana kesehatan dan dana darurat untuk simpanan di saat tak terduga.

3. Sudah Terbebas dari Tanggungan Hidup

Salah satu syarat memiliki pensiun dini lebih tenang adalah dengan sudah terbebas dari tanggungan keuangan seperti anak ataupun membiayai orang tua. Akan tetapi jika sudah berniat untuk pensiun dini maka pastikan kebutuhan untuk anak paling tidak sampai pendidikannya selesai harus sudah terpenuhi sehingga hati pun lebih tenang dan tidak ada perdebatan ke depannya.

4. Memiliki Rencana Setelah Tidak Bekerja

Keputusan pensiun dini pun harus dipikirkan matang-matang, apakah hanya karena keinginan sesaat karena kelelahan bekerja atau memang sudah memiliki keinginan lain yang ingin dicapai setelah pensiun. Rencana setelah pensiun pun harus bersikap jangka panjang dan menguntungkan sehingga masa pensiun bisa lebih menyenangkan karena melakukan hal-hal yang disukai.

5. Pastikan Juga Tabungan Sudah Cukup

Dana pensiun yang cukup juga harus diiringi dengan tabungan yang memadai. Dana ini digunakan sebagai simpanan cadangan selain dana pensiun dan dana darurat. Sebaiknya tabungan tidak digunakan terus menerus sehingga bila uang dana pensiun tidak mencukupi bisa menggunakan uang tabungan.

6. Jangan Lupakan Dana Kesehatan dan Dana Darurat

Hidup yang tidak menentu serta banyaknya kejadian yang tak terduga tentunya mau tak mau membuat kita memberikan perhatian khusus kepada beberapa dana yang dapat diambil dalam keadaan mendadak seperti dana kesehatan dan juga dana darurat yang dapat digunakan ketika kita tiba-tiba mengalami sakit atau mendapat musibah yang tidak terduga.

7. Hitung Pula Pengeluaran Bulanannya.

Memutuskan pensiun dini berarti tidak ada lagi pemasukan rutin dari pekerjaan utama, berbeda lagi ketika memiliki penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan yang tidak memerlukan banyak waktu seperti trading ataupun investasi di pasar modal. Karenanya perhatikan juga perkiraan pengeluaran bulanannya untuk mengetahui besaran dana pensiun yang mesti dipersiapkan. Namun jika merasa penghasilan utama tidak cukup untuk memenuhi dana pensiun maka tambah isi dananya dengan memiliki penghasilan sampingan dengan belajar investasi saham syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Pakuwon Tower 18-07 (TP6), Kedungdoro Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 031 - 99256446
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan