fbpx

TIPS

Sering Loss Saham? Kesalahan Ini Mungkin Salah Satu Alasannya

Bagi pemula di pasar modal, resiko kehilangan biasa terjadi karena kurangnya ilmu dan pengalaman namun jika sudah sering terjadi hingga membuat kehilangan harta dan benda maka harus dievaluasi kesalahannya agar resiko kerugian tidak semakin besar

  1. Kurang analisa sebelum memilih saham

Pertama pastikan dulu untuk selalu analisa saham sebelum membeli di pasar modal. Malam hari jadi waktu yang tepat sebelum pagi harinya menjual saham pilihan. Namun jika terlalu sibuk sempatkan waktu untuk paling tidak seminggu sekali menganalisa saham yang dimiliki untuk mengetahu pergerakannya dan memasang saham di harga yang tepat.

2. Membeli Saham Hanya Ikut-Ikutan

Kedua jangan membeli saham hanya karena mengikuti saran dan trend dalam membeli saham tertentu pastikan untuk tetap menganalisa berapa jumlah lot yang akan dibeli, resiko untung dan rugi, serta biaya yang dikeluarkan karena setiap orang pasti akan berbeda pilihannya. Pastikan juga untuk membeli di harga yang terendah atau wajar sehingga sesuai dengan modal dan memperoleh keuntungan.

3. Terlalu emosi saat trading

Emosi yang naik turun ketika sedang trading juga dapat menyebabkan kerugian dalam bertransaksi saham. Sifat yang ingin mendapatkan hasil yang cepat dalam waktu singkat dan tidak puas pada akhirnya akan menyebabkan kerugian di pasar modal. Karenanya pastikan untuk tetap tenang ketika memperoleh hasil yang besar dan juga bersabar ketika harga saham menurun. Jangan lupa patuh dengan rencana trading yang ditetapkan agar tidak keluar dari rencana dan menyebabkan kerugian.

4. Tidak Memperkirakan Untung dan rugi

Setelah sekian lama berinvestasi dan akhirnya mendapatkan untung yang berlipat tentu saja membuat perasaan menjadi senang dan akhirnya menjadi merasa lebih tenang hingga terjebak pada zona nyaman sehingga tidak memperhitungkan untung dan rugi. Karenanya tetap memperhitungkan untung dan rugi agar tidak terjebak menuju kerugian. Selain itu menghindari kerugian yang lebih besar perlulah untuk menambah ilmu teknikal dan fundamental dalam saham dengan pakarnya dimulai dengan belajar investasi saham syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Pakuwon Tower 18-07 (TP6), Kedungdoro Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 031 - 99256446
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan