fbpx

TIPS

Ubah Dulu Pemikiran Ini Sebelum Mulai Investasi

Trading ataupun investasi saat ini tengah diminati banyak orang. Hal ini terjadi karena tidak banyaknya orang yang berkegiatan di luar sehingga mulai memiliki banyak waktu untuk tambah penghasilan. Sayangnya banyaknya persepsi bahwa trading bisa menghasilkan uang dalam jangka waktu cepat akhirnya membuat seseorang memulai trading tanpa ilmu namun berharap hasil yang besar dalam waktu cepat sehingga bisa menyebabkan kerugian. Karenanya perbaiki dulu pemikiran sebelum mulai investasi dengan beberapa fakta berikut.

  1. Investasi baru bisa dinikmari dalam jangka waktu lama

Fakta pertama adalah investasi baru bisa dinikmari dalam jangka waktu lama. Karenanya seorang investor biasanya secara rutin menabung dan investasi setiap bulannya kemudian menikmati hasilnya disaat pembagian deviden ataupun ketika harga saham yang dimiliki meninggi dan bisa dijual.

2. Tidak perlu mulai dengan modal besar

Memulai investasi tidak perlulah dimulai dengan modal besar namun dimulai dengan modal terkecil terlebih dahulu untuk mengantisipasi kerugian yang didapatkan ketika mulai investasi. Barulah ketika sudah mahir dan siap untuk kerugian yang lebih besar bisa menambahkan modal yang lebih banyak.

3. Bersabar Ketika Harga Saham Menurun

Saham sendiri bisa diibaratkan seperti barang dagangan di pasar modal yang bisa naik turun karena berbagai hal contohnya berita pasar ataupun nilai tukar rupiah yang sedang turun. Ketika hal ini terjadi tetaplah bersabar dan juga tunggu waktu yang tepat untuk menunggu kembalinya harga saham seperti semula. Jangan terlalu buru-buru melepasnya karena bisa saja harganya naik setelah dijual.

4.Pastikan Keuangan Sudah Stabil Terlebih Dahulu

Hal penting yang harus diingat ketika memulai investasi adalah memulai dengan uang yang tidak terpakai namun ingin dikembangkan sehingga menghasilkan lebih banyak dana dibandingkan didiamkan saja kemudian tergerus inflasi. Cara lainnya adalah menyisakan dana untuk modal investasi setiap bulannya, tidak perlu dalam nominal yang banyak asalkan rutin dan sekaku dimanfaatkan setiap bulannya.

5.Selalu Bersiap Dalam Menghadapi Kerugian

Selain itu persiapkan juga dana darurat untuk menghadapi keadaan ketika saham tiba-tiba menurun sehingga akan membuat kita rugi apabila menarik semua dananya. Karenanya persiapan mental dan dana darurat juga penting untuk memulai investasi.

6. Selalu Tambah Ilmu dan Ketahui Berita Terbaru

Selain persiapan mental memiliki ilmu yang cukup juga diperlukan agar bisa semakin handal di pasar modal. Belajarnya nya pun harus dibimbing bersama ahlinya agar tidak terjebak dalam pasar modal dna menyebabkan kerugian salah staunya adalah belajar investasi saham syariah di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :