fbpx

TIPS

Jangan Mulai Investasi Kalau Belum Penuhi Syarat Berikut

Memulai investasi di pasar modal tentu saja berbeda dengan menabung di bank konvensional. Diperlukan strategi khusus dan pengetahuan yang mumpuni untuk memulai investasi di pasar modal. Mau mulai investasi namun bingung cara memulainya? Tenang saja, asal memenuhi kriteria berikut memulai investasi bisa dilakukan dengan tenang dan mudah.

  1. Ketahui Pendapatan Setiap Bulan

Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah mengetahui pendapatan setiap bulan. Hal ini dilakukan untuk memperkirakan modal yang harus disiapkan sebelum memulai investasi ataupun mengisi modal tiap bulannya. Selain itu untuk memastikan bahwa pengeluaran bulanan juga masih tersisa untuk investasi di pasar modal.

2. Hitung Juga Hutang Sebelum Mulai Investasi

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah menghitung hutang yang dimiliki agar bisa mengetahui apakah investasi kita saat ini bisa melunasi hutang yang dimiliki selain itu hal ini juga bisa memotivasi untuk giat berinvestasi ataupun trading agar hutang yang dimiliki cepat terlunasi.

3. Niatkan Tujuan Investasi

Langkah ketiga yang harus dipenuhi sebelum memulai investasi adalah memiliki tujuan investasi, apakah investasi dilakukan untuk mempersiapkan pendidikan anak atau simpanan di hari tua. Hal ini dilakukan  sehingga dapat memotivasi diri untuk terus belajar dan mengembangkan diri untuk memulai investasi di pasar modal ataupun memperhitungkan modal dan kerugian yang bisa saja di dapatkan di pasar modal.

4. Mulai Buka Rekening Dana Syariah

Setelah memantapkan diri dan membuat tujuan investasi mulailah membuka rekening dana syariah untuk memulai investasi di pasar modal. Saat ini rekening dana syariah bisa dibuka di bank ataupun sekuritas yang terpercaya. Jangan lupa untuk perhatikan izin dari sekuritasnya agar tidak terjebak pada penipuan sekuritas abal-abal.

5. Mulai Dengan Modal Terkecil

Langkah keempat bagi pemula adalah memulai dengan modal terkecil terlebih dahulu untuk mempelajari pasar modal serta mengetahui alurnya dan juga untuk mengatasi kerugian yang terjadi di awal memulai investasi. Jika dirasa sudah mahir dan sudah konsisten menghasilkan hasil dari pasar modal maka bisa memulai untuk menambah modal di pasar modal.

6. Ketahui Harga Terendah Suatu Saham

Salah satu kunci dalam investasi di pasar modal adalah membeli dengan harga terendah dan jual dengan harga tertinggi. Karenanya sebelum memulai membeli saham haruslah mengetahui dulu harga terendah sahamnya sebelum membeli di pasar modal. Lebih beruntung lagi setelah membeli saham, harganya langsung naik tajam sehingga akan menguntungkan dan mengembalikan modal.

7. Siapkan Dana Darurat

Langkah ketujuh yang bisa dilakukan sebelum memulai investasi di pasar modal adalah dengan menyiapkan dana darurat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ketika saham pilihan mengalami kerugian karena harganya yang turun dalam jangka waktu yang lama sehingga terpaksa untuk melakukan jual rugi dengan mengambil seluruh dananya. Pada saat inilah dana darurat bisa digunakan untuk mengisi kembali modal untuk investasi di pasar modal.

8. Analisa Secara Rutin

Selain itu janganlah lupa untuk menganalisa saham secara rutin untuk mengetahui apakah harga saham sedang naik atau turun sehingga bisa menentukan posisi harga yang tepat sebelum menjualnya. Akan tetapi sudahkah memiliki ilmu yang cukup untuk analisa? Jika belum mulailah investasi di pasar modal bersama ahlinya secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :