fbpx

TIPS

Menabung di Pasar Modal VS Menabung di Bank, Mana yang Lebih Untung?

Sejak kecil kita sudah dibiasakan untuk menabung sedikit demi sedikit berharap dengan simpanan tersebut bisa membeli barang keinginan. Seiring berjalannya waktu, menabung sudah menjadi kebiasaan yang terus tertanam bahkan hingga memasuki usia kerja.

Sayangnya menabung di Bank dirasa kurang efektif untuk mengembangkan pendapatan yang dimiliki hingga menabung di pasar modal pun hadir dan memberi solusi. Yuk cari tahu apa saja keuntungan menabung di bank dan pasar modal.

  1. Perbedaan Menabung di Pasar Modal dan Bank

Menabung di pasar modal tentu saja berbeda dengan menabung di bank. Di saat menabung di bank hanya menyimpan saja uanganya maka menabung di pasar modal harus dikelola kembali dengan membeli saham sehingga hasilnya bisa lebih banyak dibandingkan menabung biasa.

Selain itu jika menabung di bank nilai uang bisa turun karena adanya inflasi sedangkan menabung di pasar modal hasilnya bisa lebih banyak karena hasil jual beli sahamnya bisa digunakan untuk tabungan. Semakin banyak modal saham yang dimasukkan maka akan semakin banyak hasilnya.

2. Apa Saja Persamaan Menabung di Pasar Modal dan Bank

Sementara untuk persamaanya customer hendaknya untuk mengisi saldo tabungan ataupun akun rekening dana nasabah setiap bulan dengan nominal yang sama.

Hal ini dilakukan agar jumlahnya makin bertambah setiap bulan. Selain itu, pembuatan akun rekening dana nasabah pun cukup mudah dan sama dengan membuka akun tabungan sehingga tidak perlu kebingungan saat mulai membukanya

3. Apa Saja Resiko dalam Menabung di Pasar Modal

Selain keuntungan tentu saja menabung di pasar modal juga ada resiko yang harus dihadapi seperti lupa untuk menjual saham yang dipilih ketika harga sedang tinggi ataupun tidak menganalisa saham yang dimiliki sehingga tidak tahu jika sahamnya menunjukkan penurunan kualitas atau malah sudah keluar dari pasar modal sehingga harus menjual di bawah harga beli.

Selain itu, salah satu incaran dari investor adalah deviden sebuah perusahaan.

Sayangnya beberapa perusahaan terkadang tidak memberikan deviden secara rutin karena penurunan keuntungan sehingga mau tak mau investor pun tidak mendapatkan hasilnya.

4. Keuntungan Menabung di Bank dan Pasar Modal

Menabung di bank ataupun pasar modal tentu saja efektif. Di masa modern ini, tentu saja kita tidak mau kehilangan hasil kerja keras karena uang yang dimiliki rusak karena dimakan usia, hewan, ataupun terjadi musibah. Apalagi bagi pekerja yang biasanya penghasilannya dikirim via bank, hal ini sangat efektif untuk menyimpan uang. Selain itu uang yang dimiliki juga bisa berkembang walau hasilnya tidak banyak.

Disisi lain, menabung di pasar modal juga menguntungkan karena bisa mendapatkan deviden serta keuntungan lain dari menjual saham.

5. Bagaimana Cara Menabung di Pasar Modal?

Menabung di pasar modal sangatlah mudah cukup dengan membuka akun rekening dana nasabah kemudian menabung setiap bulan. Namun bisakah dapat keuantungan maksimal dari pasar modal jika tidak tahu cara investasinya? Cari tahu cara berinvestasi di pasar modal dengan saham syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :