fbpx

TIPS

Mindset Keuangan Dalam Berinvestasi

Berinvestasi di pasar modal yang memiliki resiko tinggi tentu saja akan mengubah pemikiran kita apalagi jika sudah mengalami kerugian yang sangat besar, pastinya akan membuka pemikiran tentang saham. Karenanya sebelum memulai investasi di pasar modal. Pastikan dulu untuk memiliki mindsert berikut agar tidak terjebak pada keinginan mendapatkan keuntungan yang besar dengan waktu sesingkat – sesingkatnya.

  1. Mulai Berinvestasi dengan Uang Dingin

Sebelum mulai berinvestasi hendaknya memakai uang dingin atau biasnaya disebut uang di tabungan yang tidak terpakai, dibandingkan hanya didiamkan begitu saja namun tidak mendapatkan hasil yang diharapkan lebih baik uangnya diinvestasikan saja agar jumlahnya lebih banyak. Selain itu, berinvestasi dengan uang dingin akan membuat kita lebih tenang dalam berinvestasi sehingga tidak terburu-buru dalam memperoleh hasil sehingga hasilnya pun lebih maksimal

2. Siapkan dulu dana darurat

Berinvestasi di pasar modal juga harus mengalami resiko yang besar seperti ketika saham pilihan keluar dari bursa saham ataupun tiba-tiba harga saham menurun tajam sehingga mau tak mau kita harus keluar dari saham tersebut agar kerugiannya tidak terlalu besar. Memiliki dana darurat sangat dibutuhkan untuk tetap bisa balik modal dan beirnvestasi di pasar modal.

3. Konsisten tambah lot tiap bulan

Menambah lot saham setiap bulan secara konsisten juga membantu untuk meningkatkan nilai investasi yang ada. Selain itu, menabung lot saham secara konsisten di saham yang berbeda juga membantu untuk meningkatkan keuntungan karena kenaikan harga saham sangat sulit diprediksi walaupun dengan analiasa karena pasar yang terus berubah.

4. Memulai dengan modal terkecil

Sebagai pemula sebaiknya memulai investasi dengan modlal terkecil barulah merangkak ke arah yang lebih besar. Hal ini dilakukan agar tidak merasa rugi jika saham pilihan mendadak turun sedangakn masih pemula. Sedangkan menambah modal yang lebih besar setelah profesional akan lebih mudah mengatur sahamnya.

5. Harga saham akan selalu naik turun, maka tetaplah tenang

Harga saham akan selalu naik turun sesuai dengan keadaan pasar saat ini ataupun sentimen yang beredar tentang produk yang ada. Karenanya tetap tenang bila harga saham pilihan sedang naik ataupun turun, karena suatu saat harga saham akan naik di saat kondisi pasar ataupun sentimen bagus. Tetapi berhati-hatilah jika konidisi keuangan suatu perusahaan terus menerun naik karena akan mempengaruhi harga suatu saham

6. ketahui tujuan dalam berinvestasi

Ketahui juga tujuan dalam berinvestasi, apakah hanya karena ikut-ikutan atau demi meningkatkan nilai uang untuk mencapai kebebasan finansial atau mewujudkan impian. Dengan adanya tujuan berinvestasi akan memotivasi diri untuk lebih rajin dalam berinvestasi agar impian segera terwujud dan bertanggung jawab atas uang yang dimiliki, Karenanya sebelum mulai berinvestasi buat dulu perencanaan investasinya.

7. Jangan lupa berbagi untuk orang lain

Setelah menghasilkan uang dari pasar modal jangan lupa untuk berbagi ke orang lain yang membutuhkan, hal ini juga akan mengajari kita untuk bersyukur atas rezeki yang dimiliki serta memotivasi untuk membantu lebih banyak orang dengan hasil dari investasi.

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :