fbpx

TIPS

Kebiasaan keuangan yang bikin cuan

Memiliki penghasilan yang minim terkadang menimbulkan pemikiran apakah bisa memperoleh kesuksesan yang diinginkan. Tentu saja hal itu bisa dilakukan asal memiliki strategi dan ilmu yang tepat dalam mengelola keuangan. Yuk cari tahu apa saja kebiasaan keuangan yang bikin cuan. 

  1. Buat tujuan masa depan

            Sebelum memulai kebiasaan keuangan hendaknya membuat dahulu tujuan masa depan dalam beberapa tahun. Apakah di tahun pertama ingin membeli mobil atau lima tahun lagi ingin membangun rumah. Setelah mengetahui tujuan keuangan akan memudahkan untuk memperhitungkan berapa biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkan keinginan.

2. Ketahui kondisi keuangan saat ini

            Setelah membuat tujuan masa depan langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengetahui kondisi keuangan saat ini. Apakah gaji yang dimiliki sudah siap untuk mewujudkan keinginan dalam waktu dekat atau butuh waktu yang lama untuk mewujudkannya? Jika terasa masih belum cukup bisa merubah rencana anggaran atau menambah penghasilan sampingan.

3. Buat rencana anggaran

            Perencanaan keuangan sangat penting untuk membantu terwujudnya tujuan keuangan. Hal ini bisa memperlihatkan apakah anggaran yang dimiliki saat ini sering bocor untuk pengeluaran tak terduga atau beberapa pengeluaran bisa dialihkan pada anggaran tabungan sehingga keinginan bisa diwujudkan lebih cepat.

4. Catat Pengeluaran Uang

            Salah satu kunci perencanaan anggaran yang rapih adalah konsisten mencatat pengeluaran uang baik kecil ataupun besar karena pengeluaran kecil sekalipun jika sering dilakukan makan akan tak terasa menjadi banyak. Biasakanlah untuk mencatat anggaran yang dikeluarkan hari ini sebelum tidur atau setelah selesai bekerja.

5. Bayar hutang tepat waktu

            Salah satu kebiasaan yang membuat keuangan semakin untung adalah dengan membayar hutang tepat waktu sehingga bunga yang ditimbulkan pun tidak semakin besar. Selain itu, jika menabung kepada teman ataupun saudara usahakan untuk membayar tepat waktu sesuai perjanjian agar tidak membuat kepikiran ataupun sudah siap ketika teman atau saudara yang dipinjami sedang membutuhkan.

6. Menabung secara rutin

Selain itu, jangan lupa untuk menabung secara rutin setelah menerima penghasilan ataupun mendapat rezeki lain. Saat ini, menabung tidak hanya bisa dilakukan di bank. Akan tetapi bisa juga dilakukan di pasar modal, seperti menabung saham, reksadana, ataupun berbagai fasilitas di pasar modal lain. Sehingga uang yang dimiliki bisa berkembang dan tidak termakan inflasi

7. Menyiapkan dana pensiun

Di masa muda dan masih produktif mungkin saja kita masih bisa hidup enak tanpa perlu memikirkan uang. Namun menuju masa pensiun tentu saja harus memikirkan biaya hidup yang ada bila sudah tidak berpenghasilan.

Tidak mungkin juga kan harus terus mengandalkan biaya hidup dari anak ataupun orang lain. Karenanya sebelum usia pensiun datang akan lebih baik untuk mulai menyiapkan dana pensiunnya sejak dini agar tidak terbebani di saat masa pensiun datang.

8. Mulai berinvestasi

Untuk menyiapkan rencana di masa depan tentu saja sulit untuk mengandalkan dari satu penghasilan saja.

Sehingga diperlukan tambahan penghasilan lain untuk mempersiapkan masa depan.

Namun sudahkah memiliki ilmu yang cukup untuk memulai investasi di pasar modal, jika tidak bisa saja terjebak pada investasi bodong yang dapat merugikan diri sendiri karena hilangnya penghasilan yang telah dikumpulkan.

9. Perbanyak ilmu tentang keuangan

Karenanya sebelum mulai investasi pastikan untuk memperbanyak dulu ilmunya agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan juga terhindar dari investais bodong.

Temukan mentor yang tepat untuk tambah ilmu investasi saham syariah dengan mengikuti kelas gratis yang bisa diambil di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Pakuwon Tower 18-07 (TP6), Kedungdoro Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 031 - 99256446
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan