fbpx

TIPS

Sebelum Memasuki Pasar Modal Perhatikan Dulu Empat Hal Ini

Di masa pandemi ini banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk menjadi investor ataupun trader untuk mengisi waktu luang ataupun mengisi waktu karena tidak bisa keluar dengan bebas namun banyak orang yang berhasil mendapatkan hasil yang besar dari pasar modal namun ada juga yang gagal karena kurangnya ilmu ataupun masih awam mengenai pasar modal. Karenanya sebelum memasuki pasar modal haruslah memerhatikan empat hal berikut agar bisa mendapatkan hasil lebih banyak dari pasar modal.

  1. Tidak Memiliki Tujuan Investasi

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memulai investasi adalah memiliki tujuan investasi yang tepat.

Apakah hasil dari pasar modal akan digunakan untuk tambahan penghasulan bulanan, tabungan di hari tua, ataupun dana pendidikan untuk anak.

Hal ini perlu dilakukan untuk menentuka berapa modal yang dibutuhkan serta saham yang dipilih. Apakah nanti akan membeli saham yang memberikan hasil yang besar dalam waktu yang cepat atau membeli saham yang dapat memberikan deviden yang besar di akhir tahun.

2. Pemasukan dan Pengeluaran Tidak Seimbang

Kedua adalah harus mengetahui bahwa penghasilan yang dimiliki haruslah sudah seimbang dengan pengeluaran yang ada sehingga bisa lebih berfokus dalam berinvestasi atau melakukan perdagangan di pasar modal tanpa mengkhawatirkan modal yang ada.

Akan tetapi bila melakukan trading untuk mendapatkan penghasilan tambahan ataupun melunasi hutang pastikan modal yang dimiliki tidak akan mengganggu pengeluaran untuk ke depannya.

3. Pahami Resiko Investasi

Langkah ketiga yang harus dilakukan adalah memasuki pasar modal pastikan untuk memahami resiko dalam berinvestasi, antara lain ketika harga saham tiba-tiba turun karena berita, saham yang dimiliki mendadak dinonaktifkan, ataupun nilai tukar rupih yang turun seperti akhir-akhir ini.

Disaat sudah memiliki resiko dalam investasi maka akan lebih mudah menentukan strategi dalam berinvestasi dalam situasi apapun dan tidak mudah tergoda oleh rayuan untuk membeli saham.

4. Tidak Melakukan Analisa Sebelum Membeli

      Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang termasuk bagi investor pemula adalah tidak melalukan analisa sebelum membeli saham pilihan dan hanya mengandalkan saran dari orang lain ataupun melihat trend yang ada.

Bila hal ini terus menerus dilakukan bisa saja investasi yang kita lakukan merugi karena tidak adanya analisa yang tepat mengenai modal ataupun pemilihan saham sehingga bisa saja saat membeli saham harganya mendadak menurun.

Karenanya sebelum membeli saham pastikan dulu untuk memiliki ilmu yang cukup sehingga resiko kerugian bisa dikurangi. Mulai investasi dengan belajar dari ahlinya investasi di pasar modal syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :