fbpx

TIPS

Mau Jadi Investor? Pelajari Dulu Fundamental Analisa Saham Pilihan

Menjadi Investor di pasar modal tentu saja tidak semudah membeli barang di pasar biasa ataupun minimarket. Diperlukan berbagai analisa untuk mengetahui saham apa yang harus dibeli serta jumlah dan kapan waktu yang tepat untuk menjual dan membeli saham di pasar modal. Jika tidak, niat untuk menambah keuntungan bisa saja hilang karena tidak tahu strateginya. Sebelum itu pelajari dulu fundamental analisanya.

  1. Apa Sih Fundamental Analisa Itu

Fundamental analisa adalah suatu jalan untuk memulai analisa dengan menilai berbagai faktor, antara lain :  faktor ekonomi, keuangan, dan faktor kuantitaif serta kualitatif. Faktor-faktor inilah yang nantinya akan menyeleksi saham terbaik yang bisa digunakan. Selain itu penting bagi investor untuk mempelajari industri, keuangan, serta manajemen dari suatu perusahaan hal ini untuk memperhitungkan apakah perusahaan pilihan sudah mengalami kemajuan selama ini atau tetap stagnan.

2. Apa Saja yang Perlu Dianalisa Secara Fundamental

     Di dalam analisa fundamental ada banyak sekali aspek yang di perhatikan, yaitu nilai intrinsik dari sebuah perusahaan. Apakah harga saham tersebut lebih besar dari saat membeli saham atau lebih kecil. Hal ini sering disebut under value ataupun over value dalam harga saham. Selain itu, dengan analisa fundamental juga dapat menganalisa laba dan rugi dari suatu saham dinilai dari jumlah deviden serta marginnya.

3. Kenapa Fundamental Analisa itu Penting?

            Sebagai pemula pastinya pernah berfikir apa untungnya melakukan analisa fundamental sebelum memulai investasi? Analisa fundamental berguna untuk memilih perusahaan yang potensial untuk diinvestasikan dan memastikan bahwa investasi yang akan dimulai berdasaran kinerja perusahaan dan tidak semata-mata berdasarkan spekulasi harga.

Sehingga tidak akan tergoda pada berbagai saran saham di luar.

4. Apa Bedanya dengan Analisa Teknikal

            Analisa fundamental tentu saja berbeda dengan analisa teknikal. Jika analisa fundamental berfokus pada kinerja perusahaan maka analisa teknikal menekankan pada waktu yang tepat untuk jual beli saham serta analisa pergerakannya yang tentu saja sulit dilakukan untuk investor yang punya waktu yang padat. Sehingga analisa teknikal cocok digunakan oleh seorang trader.

5. Jangan lupakan devidennya

            Selain itu, salah satu keuntungan menjadi investor adalah mendapatkan deviden dari tabungan saham yang telah dikumpulkan selama ini. Deviden sendiri biasnaya dibagi pada pertengahan tahun ataupun di akhir tahun tergnatung pada kebijakan perusahaan. Karenanya sebagai investor sendiri harus  mengetahui berapa jumlah deviden yang di dapatkan serta kapan pembagiannya lewat analisa fundamental

6. Sudah Siap Beli Saham dan Jadi Investor?

Setelah melakukan analisa secara fundamental apakah sudah siap untuk membeli saham pilihan dan menjadi investor? Sebagai pemula tentu saja ada kebimbangan tersendiri untuk memulai investasi di pasar modal. Karenanya diperlukan seorang mentor yang dapat membimbing untuk mulai investasi di pasar modal. Dimulai dengan belajar investasi saham syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :