fbpx

TIPS

Tips Hemat Setelah belanja

Belanja bulanan adalah salah satu kegiatan yang biasa dilakukan setelah meneima penghasilan bulanan. Tetapi kegiatan rutin ini juga bisa menjadi sumber bocornya penghasilan. Hal ini terjadi karena kita tergiur untuk membeli barang-barang kebutuhan atau snack yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Oleh karena itu, beberapa tips ini bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran setelah belanja.

  1. Periksa Sisa Bahan Baku

Sebelum pergi berbelanja hendaknya memeriksa terlebih dahulu. Sisa bahan makanan yang masih bagus dan trsedia di kulkas. Jika tidak, anda akan membeli beberapa barang yang sama dan mengakibatkan penumpukan maknan. Bahan makanan yang sudah basi pun akhirnya terbuang dan berakhir sia-sia.

2. Buat Daftar Harga

Salah satu alasan mengapa pengeluaran belanja membengkak adalah ketiadaan membuat list prioritas belanja. Tanpa menyusun rencana, anda akan membeli barang-barang yang tidak penting dan akhirnya menambah beban pengeluaran.

3. Belanja di Pasar Tradisional

Berbelanja di suprmarket memanglah menyenangkan. Tempat yang luas, dingin, serta variasi kebutuhan yang lebih banyak bikin kita betah berlama-lama berbelanja. Namun, harga barang di supermarket terkadang lebih mahal dan menyebabkan angaran kita membengkak. Berbelanja bahan makanan di pasar tradisional juga bikin anggaran kita menurun karena lebih mudah.

4. Belanja dalam Ukuran Besar

Pemilihan barang juga penting saat berbelanja bulanan. Usahakan pilih barang dengan volume besar. seperti sabun, sampo, atupun minyak goreng. Meski terlihat boros di awal. Hal ini bisa menghemat pengeluaran untuk beberapa bukan ke depan dak tidak menghabiskan plastik dalam jumlah banyak.

5. Buatlah Meal Plan

Perencanaan adalah kunci penghematan. Dengan menyusun rencana menu pada satu minggu makan anda bisa memperkirakan budget yang harus dikeuirakan serta mengetahui bahan-bahan yang bisa disimpan dalam waktu yang lama. Saat ini, banyak sekali akun di sosial mdia yang mempromosikan cara mengatur meal plan dalam seminggu.

6. Bawa Uang Sesuai Kebutuhan

Kebiasaan yang kita tidak sadari saat berbelanja adalah membawa uang dalam jumlah yang cukup banyak. Niatnya agar tidak kehabisan uang saat belanja. Tanpa sadar, kita menjadi boros dan akhirnya membeli barang terlalu banyak, bawalah uang yang cukup agar tidak berlebihan dalam belanja

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Pakuwon Tower 18-07 (TP6), Kedungdoro Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 031 - 99256446
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan