fbpx

TIPS

Penghasilan Tidak Mencukupi dan Ingin buka Usaha? Simak Dulu Beberapa Hal Ini.

Sudah bekerja keras seharian namun gaji terasa tidak mencukupi? Saatnya mencari penghasilan yang lain. Salah satu sumber penghasilan yang bisa dicoba adalah membuka usaha sampingan. Walaupun kelihatannya mudah namun ada beberapa langkah yang harus difikirkan sebelum membuka usaha. Apakah anda siap?

  1. Apakah Kamu Yakin Mulai Usaha?

Saat melihat pendapatan yang berkurang, satu-satunya cara yang sering terfikir adalah mulai membuka usaha. Tetapi anda harus yakinkan diri apakah benar-benar ingin membuka usaha atau hanya tergiur penghasilan teman yang sukses berjualan. Jika sudah yakin, coba simak langkah berikutnya.

2.Mau Bisnis Seperti Apa?

Setelah meyakinkan diri untuk berbisnis, anda harus mengetahui tipe bisnis yang cocok dengan anda. Bisnis yang dipilih bisa dari hobi ataupun kegiatan yang sering dilakukan. Penghobi makan bisa pilih menjual makanan favorit dengan olahan yang telah dimodifikasi dan penghobi membaca bisa menjual buku – buka yang sesuai dengan pasar.

            Bisnis yang dipilih sebaiknya sesuai dengan lingkungan sekitar yang menjadi target awal penjualan anda. Usahakan menjual barang yang telah dibutuhkan oleh orang banyak dan tidak bergantung pada tren yang biasanya hanya bertahan beberapa bulan saja.

3.Buat Rencana Bisnis

Bisnis adalah pekerjaan jangka panjang. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah perencanaan yang matang. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan di rencana bisnis adalah pelanggan yang dituju, serta lokasi yang potensial, kelemahan bisnis, kesempatan usaha, pelanggan yang dituju, serta pertimbangan kerjasama.

4.Kualitas Produk

Setiap orang pasti ingin mendapatkan kulitas barang yang barus dengan harga murah. Oleh karena itu, kita harus mendapatkan bahan baku berkualitas dengan cara survei barang. Walaupun menjadi proses yang dulit namun  hasilnya akan menyenangkan jika menemukan bahan baku yang kita inginkan. Jangan tergiur harga murah dengan kualitas yang biasa karena akan berdampak pada hasil produksi anda.

5. Kapan Mulai Usaha?

Setelah proses produksi selesai saatnya promosi usaha. Di era digital ini, anda bisa menggunakan berbagai macam social media. Konten adalah kunci untuk mempromosikan barang dagangan. Saat mengerjakan konten, perhatikan pengambilan foto, teknik kepenulisan, serta jam-jam yang tepat untuk menjualnya.

             Bila anda ingin menjual produk baju bisa menjual beberapa bulan sebelum musim hari raya karena pada saat itu banyak orang mencari baju untuk berkunjung ke rumah saudara. Produk minuman dingin paling cocok di musim kemarau. Pada saat itu orang-orang ingin meminum sesuatu yang segar di siang hari.

6.Pelayanan yang Baik

Walaupun memiliki produk yang baik dan enak semua akan sia- sia jika tidak dibarengi dengan pelayanan yang profesional. Banyak produk makanan yang menjadi terkenal karena pelayanan yang unik dan ramah, pilihlah karyawan yang ramah dan bisa menggaet pelanggan. 

Anda juga bisa memberikan seragam untuk karyawan dengan tema yang sesuai dengan produk anda. Bekali juga karyawan anda dengan ilmu marketing untuk membantu kenaikan penjualan.

7.Mencatat pengeluaran dan pendapatan

Setelah usaha berjalan selama satu bulan. Catatlah setiap pemasukan dan pengeluaran harian. Jangan lupa untuk menghitung modal dan pendapatan karyawan. Kegiatan ini berguna untuk evaluasi ke depannya.

8. Evaluasi

Walaupun untung selalu besar dan bisnis selalu lancar, proses evaluasi harus dilakukan selain perhitungan pengeluaran dan pendapatan. Anda bisa mengevaluasi bagaimana promosi bisa mempengaruhi penjualan, pelayanan yang diberikan, serta prosuk yang disukai oleh pelanggan.

            Anda bisa memperbarui atau mengganti produk yang anda miliki guna menjaga pelanggan tetap datang. Kuisioner dengan imbalan diskon juga bisa jadi solusi untuk mengetahui keinginan pelanggan untuk produk anda.

9. Jangan Buru-Buru Membuka Banyak Usaha

Setelah sukses dengan satu usaha. Biasnya keinginan untuk melebarkan sayap usaha muncul. Tidak perlu terburu-buru cukup kembangkan usaha hingga sekiranya stabil kemudian pikirkan untuk membuka cabang di tempat lain.

10.Bagaimana kalau bangkrut

Di dunia ini pasti adakalanya anda terjatuh. Sebuah bisnis bisa saja bangkrut karena berbagai hal. Antara lain : produk yang tidak lagi diminati oleh pelanggan ataupun rusaknya tempat dagangan karena satu dan lain hal. Cara mengantisipasinya adalah menyishkan hasil dari usaha untuk dana darurat bila suatu hari usaha anda mengalami kejatuhan.

11.Terus belajar investasi

Walaupun sudah memiliki bisnis yang sukses. Tidak ada salahnya untuk belajar investasi. Anda sudah tahu bahwa bisnis tidak selamanya di atas maka hasil dari investasi bisa digunakan untuk menutup kerugian atau passive income di saat anda sibuk mengurus bisnis yang anda geluti. Sama seperti bisnis, investasi juga perlu ilmu agar tidak rugi. Solusi untuk belajar investasi ada di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Pakuwon Tower 18-07 (TP6), Kedungdoro Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 031 - 99256446
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan