fbpx

TIPS

Berencana Menikah dalam Waktu Dekat? Perhatikan Tips Atur Keuangan Sebelum Menikah

Menikah? Satu kata ini diinginkan oleh setiap orang apalagi yang telah mapan dan memiliki pasangan. Di Indonesia sendiri, proses menikah memerlukan dana yang cukup banyak. Apalagi jika ingin mengikuti adat pernikahan yang berbeda-beda di setiap daerah.

            Beruntung jika pernikahan anda dibantu oleh orang tua mempelai. Jika dana pernikahan ditanggung oleh kedua mempelai maka harus menyiapkan strategi agar dana pernikahan tidak bocor dan kehidupan pernikahan ke depannya lancar.

  1. Tentukan waktu dan estimasi biaya pernikahan

Setelah proses lamaran selesai maka saatnya menentuka biaya yang akan di keluarkan untuk pernikahan. Topik pertama yang wajib di diskusikan oleh kedua orang tua mempelai adalah adat yang akan digunakan. Pada adat tertentu, hanya pihak wanita atau lelaki yang membiayai acara pernikahan. Jika anda merasa keberatan, cobalah untuk diskusikan hal ini sehingga biaya pernikahan bisa ditekan. Di beberapa tradisi pernikahan tertentu, acara resepsi tidak hanya diselenggarakan sehari namun bisa beberapa hari. apalagi jika kamu menikahi seseorang yang masih patuh dengan adat. Maka dapat dipastikan adat yang digunakan sangatlah lengkap dan memakan biaya. Selain itu, kamu harus menghitung para tetangga atau wedding organizer yang akan membantu pernikahan dan menyebabkan biaya membengkak.

 

2.Jangan Berhutang Untuk Menikah

Menikah adalah proses sekali seumur hidup namun jangan sampai sengsara dalam membayar biaya pernikahan. Ide pernikahan minimalis bisa menjadi solusi untuk menekan biaya pernikahan. Bicarakan biaya pernikahan sematang mungkin dengan pasangan dan calon mertua bila ingin menggunakan tipe pernikahan minimalis.

3.Haruskah Pakai Dana Darurat?

Pengeluaran untuk pernikahan bisa saja bocor untuk kebutuhan yang tidak terduga. Menghadapi hal ini, bukan berarti kita bisa menggunakan dana darurat untuk menutupinya. Kita tidak  tahu musibah yang bisa tiba-tiba datang dan membutuhkan dana darurat. Oleh karena itu, persiapkan biaya pernikahan yang lebih besar daripada ekspetasi untuk menghadapi hal ini.

4.Pilih Emas Kawin Jangka Panjang.

Bosan dengan emas kawin yang itu-itu saja? Tidak ada salahnya menjadikan lot saham sebagai mas kawin. Selain unik, juga bisa menjadi investasi jangka panjang bagi istri. Sehabis nikah pun makin cuan.

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Pakuwon Tower 18-07 (TP6), Kedungdoro Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 031 - 99256446
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan