fbpx

TIPS

Mau Hutang Anda Lunas? Ikuti Beberapa Langkah Ini

Hutang memang bikin pusing kepala. Walaupun begitu, kita tidak bisa menghindar dari kenyataan bahwa hutang juga membantu keuangan kita. Demi menghindari rasa mumet karena hutang yang menumpuk. Lebih baik ikuti beberapa langkah ini. Hutang lunas, bebanpun hilang.

  1. Bayar Hutang Setiap Bulan

Cara pertama untuk melunasi hutang adalah membayarnya setiap bulan. Saat memulai berhutang, perhitungkan bahwa pendapatan kita cukup untuk membayar cicilan hutang ditambah bunganya. Perhitungkan berapa lama hutang akan terlunasi ditambah dengan beban pengeluaran yang akan bertambah setiap bulan.

2.Memangkas Pengeluaran

Memulai berhutang berarti kita menambah pengeluaran bulanan. Oleh karena itu, kita sebaliknya memangkas pengeluaran yang tidak perlu. Pengeluaran itu antara lain gaya hidup ataupun konsumsi. Berhutang memang memberatkan. Karenanya, pilihlah hutang yang berguna untuk pengembangan bisnis dan tidak untuk membayari gaya hidup hedonisme

3.Gunakan Bonus Untuk Bayar Hutang

Setiap tahun, biasanya para pegawai mendapatkan bonus tahunan ataupun mendapatkan bonus dari target penjualan. Sebagian besar orang pasti berkeinginan menghabsikan bonus untuk liburan atau membeli barang-barang impian. Tetapi, jika anda memiliki hutang, sebaiknya menyisihkan sebagian besar bonus untuk membayar hutang agar cicilan ke depannya lebih ringan.

4.Cari Investasi untuk Bayar Hutang

Apakah pendapatan anda tidak cukup untuk membayar hutang? Cara lain untuk mempercepat bayar hutang adalah mulai investasi. Cara ini memang sering di cap buruk karena dianggap merugikan dan menipu dengan janji manis. Tetapi, jika memiliki pengetahuan tentang investasi dan mengetahui tipe investasi yang tepat maka hal ini tidak menjadi masalah.

      Masih merasa nol putul dan ingin belajar tentang investasi? Mulai ambil kesempatan belajar investasi dengan mentor yang berpengalaman di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Pakuwon Tower 18-07 (TP6), Kedungdoro Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 031 - 99256446
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan