fbpx

TIPS

Khawatir Setelah Pesangon Dipotong? Lakukan Saja 4 Hal Ini

Salah satu dampak dari Omnibus Lawa yang marak di bicarakan adalah pemotongan pesangon. Hal ini berarti berpengaruh pada dana pensiun dan dana ketika anda memutuskan resign. Daripada sibuk memaki dan meratapi keadaan. Akankah lebih baik untuk membuat perencanaan dalam menambah isi dana pesangon. Beberapa tips ini bisa anda terapkan dalam pengelolaan keuangan sehari-hari.

  1. Membuat Skala Prioritas

    Di usia produktif, terkadang ada beberapa pos pengeluaran yang kita alokasikan untuk dana bersenang-senang. Seperti pos nongkrong atau membeli barang hiburan. Namun, demi menambah dana pesangon, anda bisa mengurangi pos senang-senang tersebut dalam mengalihkan ke dana pesangon. Bila benar-benar ingin membeli barang hiburan, pertimbangkan kegunaan barang, usia produktif baran, hingga pastikan membeli untuk kebutuhan bukan trend.

 

  1. Prioritaskan Cicilan & Tabungan

Salah satu nasihat sebelum pensiun atau resign adalah lunasilah cicilan. Saat masa pensiun datang atau ketika ingin memutuskan resign, pastikan anda tidak memiliki cicilan dalam jumlah berapapun. Jika ada, usahakan lunasi cicilan tersebut saat masih di usia produktif. Selain itu, prioritaskan tabungan untuk hari tua. Saat ini, beberapa bank sudah menyediakan layanan dana pensiun yang bisa anda cicil walaupun usia masih produktif.

.3. Jangan Boros

    Jika anda sudah berniat untuk mempersiapkan dana pesangon maka wajib hukumnya untuk tidak boros. Bersikap hemat dan mengutamakan prioritas akan membantu anda untuk mencapai target dana pesangon dengan cepat.

4. Cari Pekerjaan Tambahan

Sudah berusaha berhermat dan mempersiapkan tabungan namun merasa malah membenani penghasilan. Pilihan lain untuk persiapakan dana pesangon adalah mencari pekerjaan tambahan. Tetapi teknan pekerjaan yang berat ditambah beban kerja yang menumpuk membuat kita berfikir dua kali untuk mencari pekerjaan tambahan.

    Memulai investasi bisa jadi alternatif untuk menambah dana pesangon. Cukup memonitor pergerakan investasi dari ponsel, anda bisa mendapatkan deviden dari investasi saham yang anda ambil. Investasi pun perlu formula dan strategi agar bisa mendapatkan cuan yang anda inginkan dan menimalkan kerugian yang ditimbulkan.

    Merasa belum ahli dalam investasi namun tetap ingin belajar? Kesempatan belajar ada di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Pakuwon Tower 18-07 (TP6), Kedungdoro Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 031 - 99256446
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan