fbpx

TIPS

6 Langkah Tepat Agar Keuangan Aman di Tahun 2021

 Tahun 2021 telah tiba, melihat kembali tahun lalu yang penuh ujian keuangan inilah saatnya untuk merubah rencana keuangan agar lebih mapan di tahun yang penuh optimisme. Lalu apa yang harus dilakukan agar keuangan tetap aman di tahun 2021 bahkan makin cuan?

.

  1. Membuat Rancangan Anggaran Tiap Bulan

          Di tahun yang baru ini, sudah saatnya mengubah kebiasaan keuangan yang buruk menjadi lebih baik. Dimulai dari membuat rancangan anggaran setiap bulan. Kegiatan ini memang melelahkan karena kita harus berfikir ulang mengenai apa yang harus dibeli dan ditunda untuk jangka waktu yang lama. Namun, jika kita mulai membuat perencanaan keuangan maka penghasilan kita lebih terjaga dan keinginan lebih berhemat pun menjadi lebih besar.

2. Lunasi dan Hindari Hutang

            Kesalahan kedua yang harus mulai dihilangkan adalah berhutang. Godaan kartu kredit, diskon barang-barang impian, dan ajakan teman untuk berjalan-jalan kadang menjadi alasan untuk terus menerus berhutang. Jika tidak mulai dihentikan maka kebiasaan ini akan terus berlanjut hingga kita tua nanti. Kurangi kebiasaan berhutang dan mulai melunasinya sedikit demi sedikit agar keuangan menjadi lebih sehat di tahun yang baru.

3.Pendapatan > Pengeluaran

            Merasa pendapatan berkurang setelah pandemi? Saatnya mulai tambah penghasilan di tahun 2021. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menambah penghasilan, bisa dengan berjualan atau mulai pekerjaan lepas setelah bekerja. Namun, tetap jaga kesehatan dan jangan sampai keinginan tambah pendapatan menjadi gagal karena kelelahan saat bekerja.

4.Buat Laporan Keuangan

            Selain membuat rancangan keuangan, memyusun daftar keuangan sehari-hari bisa dilakukan untuk membuat keuangan kita semakin terencana. Laporan keuangan juga membuat kita menjadi waspada akan pengeluaran tak terduga dan sering tidak disadari menghabiskan jatah bulanan.

5.Siapkan Berbagai Dana Perlindungan

     Selain menambah pendapatan, di tahun yang baru ini akan lebih baiknya untuk menambah dana perlindungan. Beberapa dana perlindungan yang bisa kamu tambah di tahun ini adalah dana darurat, dana pensiun, ataupun dana kesehatan. Penambahan dana ini dilakukan untuk perlindungan diri di hari ini dan beberapa tahun ke depan. Karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi pada diri sendiri maupun orang lain ke depannya.

6. Mulai Menabung

            Siapa disini yang tidak suka menabung? Sejak kecil kita dibiasakan oleh kedua orang tua untuk menabung, namun seiring berjalannya waktu dan kondisi keuangan yang ada. Kita menjadi jarang untuk menabung bahkan hanya menabung ketika memiliki uang sisa pendapatan. Mulailah menyisihkan pendapatan sedikit demi sedikit untuk di tabung agar tidak menjadi beban untuk ke depannya.

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :