fbpx

TIPS

Mau Hidup Tenang Tanpa Pikirkan Gaji Bulanan? Yuk Mulai Bebas Finansial

Setiap 5 hari dalam seminggu bekerja keras dan berangkat pagi terkadang timbul rasa lelah dan ingin berhenti dari pekerjaan. Namun sebelum, mulai itu semua coba dulu lakukan beberapa langkah ini sebelum bebas finansial dan tidak terjerat pada rutinitas yang ada.

  1. Buat Anggaran Bulanan

            Langkah pertama menuju kebebasan finansial adalah memulai untuk membuat anggaran bulanan. Kegiatan ini dilakukan agar kita bisa mengatur keuangan selama sebulan serta mengetahui mana anggaran yang harus dihilangkan demi menuju kebebasan finansial.

2.Siapkan Dana Darurat

            Setelah merancang anggaran bulanan, saatnya menyiapkan dana darurat sebesar-besarnya. Dana ini berguna jika terjadi hal buruk yang bisa saja terjadi disaat memutuskan untuk bebas finansial. Dana darurat juga harus ditenttukan waktu dan jumlahnnya agar keinginan untuk bebas finansial segera cepat tercapai.

3.Meningkatkan Jumlah Tabungan 

            Cara ketiga agar cepat bebas dari beban finansial adalah meningkatkan jumlah tabungan. Simpanan yang banyak juga membantu kita membiayai kebutuhan saat mulai bebas finansial. Tabungan yang meningkat bisa diperoleh dari penghasilan yang bertambah serta pekerjaan tambahan atau investasi.

4. Hindari Pengeluaran Meninggi

            Pengeluaran yang meninggi dan tidak sesuai dengan penghasilan bisa menjadi kendalan untuk menuju kebebasan finansial. Oleh karena itu, disiplin dalam mengikuti anggaran bulanan dapat mengutangi pengeluaran yang meninggi.

5. Bijak Kelola Hutang

            Hutang yang semakin meninggi setiap tahun serta pengelolaan yang buruk dalam melunasinya juga sebabkan jalan menuju kebebasan finansial semakin berliku. Jika terpaksa berhutang maka pastikan hutangnya produktif dan bisa dilunasi secepatnya dengan penghasilan yang ada.

6. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

     Terkadang kita memiliki keinginan yang membuat kita menguras penghasilan bulanan. Ingatlah untuk memisahkan mana kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulan dan mana keinginan yang bisa ditunda keinginannya. Agar pengeluaran tidak membengkak secara tiba-tiba.

7.Mengetahui Kondisi Keuangan

Dalam merancang perjalanan menuju kebebasan finansial, anda juga harus mengetahui kondisi keuangan yang ada agar bisa memprediksi berapa tahun lagi tahap menuju kebebasan finansial tercapai. Mengetahui penghasilan, pengeluaran bulanan, serta hutang juga harus dihitung sebelum mengerjakan rancangan kebebasan finansial.

8.Buat Rancangan Masa Depan

Setelah berpenghasilan, pasti anda memiliki keinginan yang ingin dicapai serta rancangan masa depan bagi diri sendiri maupun keluarga. Anda bisa mulai dengan memerinci keinginan tersebut dan menghitung ulang biaya yang harus dikeluarkan selain menyiapkan biaya menuju kebebasan finansial.

9.Investasi Sejak Dini

            Mengandalkan penghasilan bulanan rasanya tidak cukup untuk menambah dana agar kebebasan finansial cepat tercapai. Salah satu solusinya adalah mulai investasi di pasar modal. Selain dana yang terus berputar setiap hari, hasil dari saham syariah juga bisa untuk tambahan penghasilan. Solusi belajar investasi agar keinginan menuju bebas finansial cepat tercapai ada di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :