fbpx

TIPS

Sudah Lelah Bekerja? Yuk Persiapkan Dana Pensiun

Bertahun-tahun bekerja dengan rutinitas yang sama akhirnya menimbulkan rasa bosan hingga akhirnya berniat untuk pensiun. Tetapi, jika sudah pensiun apakah sudah siap atau hanya angan-angan yang sulit terwujud? Sebelum memulai niat untuk pensiun dini, yuk persiapkan dulu persiapannya agar masa pensiun bisa dijalani dengan tenang

  1. Tentukan Waktu Pensiun

          Pertama adalah tentukan dulu waktu pensiun. Apakah 10 tahuan ataupun 20 tahun ke depan? Tentu saja kita tidak mungkin langsung pensiun pada keesokan harinya, karenanya harus dipersiapkan sejak dini agar disaat masa pensiun sudah tiba kita sudah tenang dalam menghadapinya.

2. Hitung Jumlah Kebutuhan di Masa Pensiun

Setelah menentukan waktu pensiun, langkah selanjutnya adalah menghitung jumlah kebutuhan yang akan dikeluarkan di saat pensiun. Memulai pensiun di usia 40 tahun atau di usia 60 tahun tentu saja berbeda kebutuhannya. Karenanya perlu dihitung berapa kebutuhan untuk sehari-hari, dana darurat, dana kesehatan, dan juga dana untuk kebutuhan anak bila masih memiliki tanggungan. Perhitungan itulah yang akan menentukan berapa dana yang harus dikumpulkan sebelum memulai pensiun.

3. Jaga Kesehatan Finansial

Selain itu, jika sudah berencana untuk memulai masa pensiun. Sering-seringlah memeriksa kesehatan finansial. Apakah sudah tidak memiliki cicilan atau hutang? Apakah simpanan untuk dana darurat dan berbagai dana cadangan lain serta pendapatan pasif lain sudah stabil? Jika belum coba pikirkan ulang keinginan untuk mulai pensiun dalam waktu dekat.

.

4. Komitmen dan Konsisten Menabung

Jika beberapa langkah di atas sudah bisa diatas maka selanjutnya tinggal fokus untuk menabung dan berkomitmen untuk memulai pensiun pada jangka waktu yang ditetapkan. Tetapi, jika mengandalkan penghasilan yang ada bisakah mewujudkan keinginan pensiun pada jangka waktu yang ditentukan atau malah meleset dari keinginan?

5. Buat Perencanaan Keuangan

Memulai langkah berani untuk pensiun dini tentu saja diperlukan perhitungan keuangan yang tepat serta mental yang kuat agar komitmen yang dimiliki tidak goyah di tengah jalan. Ada pula yang berkeinginan untuk pensiun dini namun terhalang oleh penghasilang yang kurang memadai sehingga harus pensiun pada usia 60 tahun. Karenanya jika sudah ada niat untuk pensiun dakan usia dini, mulailah untuk tambah penghasilan agar keinginan untuk pensiun dini lebih cepat terwujud dan tidah hanya menjadi angan-angan. Dimulai dengan belajar investasi saham syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Pakuwon Tower 18-07 (TP6), Kedungdoro Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 031 - 99256446
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan