fbpx

TIPS

Susah Atur Keuangan? Yuk Buat Tujuan Keuangan dengan Metode SMART

Bertahun-tahun bekerja dan menghasilkan pendapatan setiap bulan. Pernahkah berfikir untuk mewujudkan keinginan terpendam seperti membeli kendaraan, membangan rumah, ataupun naik haji? Jika sudah terfikir apakah sudah tahu cara mewujudkannya? Jika belum yuk coba ikuti cara berikut agar tujuan keuangan segera terwujud.

  1. Tentukan Tujuan Keuangan Secara Spesifik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan apa keinginan terpendam yang ingin diwujudkan lalu targetkan kapan harus dipenuhi dan mengapa harus dipenuhi. Jika keinginan itu tidak dipenuhi apakah akan berpengaruh pada kehidupan? Perancangan ini dilakukan agar lebih termotivasi untuk mewjudkannya.

2. Hitung Kapan Tujuan Keuangan Terpenuhi

            Setelah menentukan tujuan keuangan yang diinginkan lengkah selanjutnya adalah hitung kapan keinginan itu harus diwujudkan. Apakah tahun depan ataupun sepuluh tahun ke depan. Penghitungan ini dilakukan agar bisa menghitung berapa banyak biaya yang harus ditabung untuk mewujudkan keinginan. Namun, apakah dana kita mencukupi untuk ditabung atau masih butuh tambahan dana lagi?

3. Fokus pada Tujuan Keuangan

              Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah fokus pada tujuan keuangan. Usahakan untuk tidak tergoda dalam membeli barang-barang yang tidak perlu dan berusaha untuk berhemat agar tujuan keuangan bisa diwujudkan segera. Jangan lupa untuk mendoakan keinginan agar bisa semakin fokus dalam menjalankan tujuan keuangan.

4. Apakah Tujuan Keuangan Sudah Realistis

  Disaat menjalani usaha untuk konsisten pada tujuan keuangan, pernahkah anda berfikir apakah tujuan keuangan bisa tercapai dalam jangka waktu yang ditentukan atau malah bisa terwujud sebelum periode waktunya. Disaat muncul pikiran itu, coba ingat kembali tujuan keuangan yang ingin diwujudkan dan juga jangka waktunya. Sehingga semakin termotivasi untuk mewujudkan keinginan.

.

5. Kapan Tujuan Keuangan Terwujud?

Di dalam mewujudkan tujuan keuangan tentu harus ada jangka waktunya agar keinginan bisa semakin cepat terwujud dan keinginan lain juga bisa diwujudkan seterusnya. Dalam menentukan durasi keuangan perhitungkan juga keuangan yang ada serta kebutuhannya. Jika hanya untuk gaya hidup mungkin bisa saja ditunda dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang lebih penting.

6. Tambah Penghasilan Untuk Bantu Wujudkan Tujuan Keuangan

              Penghasilan yang dimiliki saat ini bisa saja menjadi kesulitan untuk mewujudkan tujuan keuangan karena pasti ada kebutuhan wajib yang harus dipenuhi sesegera. Namun, jangan jadikan hal ini sebuah alasan untuk tidak bisa mewujudkan keinginan. Mulailah dengan menambah penghasilan agar tujuan keuangan terwuwjud dengan durasi yang diinginkan. Cara menambahnya bisa dimulai dengan belajar investasi saham syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Pakuwon Tower 18-07 (TP6), Kedungdoro Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 031 - 99256446
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan