fbpx

TIPS

Sudah Siap Menikah? Yuk Atur Dulu Keuangannya Sebelum Menikah

Bertahun-tahun hidup sendiri akhirnya sampai pada waktunya untuk memulai hidup bersama dengan pasangan pilihan. Namun sebelum memulai menikah sudahkah atur keuangan bersama agar keuangan tetap lancar setelah menikah? Persiapkan dulu pengaturan keuangannya sebelum memulai menikah dengan langkah-langkah di bawah.

  1. Periksa Kesehatan Finansial

            Pertama adalah memeriksa kesehatan finansial pasangan, apakah ada hutang ataupun cicilan yang sedang ditanggung dan harus dilunasi pada waktu dekat dan juga apakah ada tangguangan keluarga yang harus dibiayai. Jika kedua pasangan masih berniat untuk tetap bekerja setelah menikah, mungkin saja pembiayaan dibagi dua atau jika salah satunya memutuskan fokus mengurus rumah tangga maka pihak laki-laki bisa bersiap untuk mengumpulkan dana lebih setelah menikah.

2. Tentukan Prioritas Keuangan

Selain itu tentukan prioritas keuangan, apakah ada rencana untuk membeli rumah atau mengganti kendaraan dalam waktu dekat. Semuanya harus dipersiapkan sejak dini. Sehingga setelah menikah bisa membuka akun tabungan baru lalu menabung untuk prioritas keuangan yang akan datang. Beberapa prioritas keuangan yang bisa dipertimbangkan setelah adalah dana pendidikan anak, dana pensiun, ataupun dana darurat untuk keluarga.

3. Rancangkan Dana Pendidikan Anak

            Setelah menikah, apakah langsung ingin memiliki anak atau menunda terlebih dahulu? Apapun pilhannya jangan lupa persiapkan dana pendidikan anak agar  pendidikan anak tetap terjamin walaupun keuangan di masa terburuk sekalipun. Dana pendidikan anak bisa dikumpulkan dari penghasilan bulanan ataupun hasil dari pendapatan sampingan.

4. Rencanakan masa tua sejak dini

          Sebagai pasangan tentu saja akan menghabiskan waktu bersama dalam jangka waktu lama. Sehingga harus dipikirkan setelah sudah tidak bekerja, darimana dana untuk kebutuhan sehari-hari akan didapatkan tentu saja kita tidak bisa bergantung pada orang lain untuk biaya pada masa tua nanti. Karenanya sejak dini, diusahakan untuk menabung dana pensiun. Tetapi jika semua penghasilan sudah digunakan darimana dana yang bisa dikumpulkan untuk masa pensiun. Menambah penghasilan bisa dilakukan melalui investasi di pasar modal yang tidak memerlukan waktu terus menerus untuk diamati karenanya selagi masih muda mulailah belajar investasi saham syariah dengan ambil kesempatan gratis belajarnya di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Pakuwon Tower 18-07 (TP6), Kedungdoro Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 031 - 99256446
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan