fbpx

TIPS

Kenalan Lebih Dekat Dengan Saham Blue Chip

Bagi seorang investor ataupun trader pasti mengetahui bahwa saham memiliki 3 lapis. Antara lain: Saham lapis ketiga yang memiliki votalitas harga yang tinggi karena harganya sering dipermainkan oleh bandar atau lebih terkenal dengan saham gorengan. Selain itu ada saham lapis kedua yang memiliki fundamental cukup tinggi dan masih tahap berkembang sehingga ada kemungkinan untuk naik ke lapis yang lebih tinggi jika fundmentalnya sudah stabil. Sedangkan saham lapis atas atau yang sering disebut saham blue chip merupakan saham yang memilikii tingkatan tertinggi karena harga saham yang cenderung stabil dan cocok digunakan untuk investasi. Meskipun harga per lembarnya terbilang mahal namun saham ini menjadi incaran para investor karena memberikan keuntungan yang lebih bagi penggunanya. Selain itu, ada banyak lagi keuntungan dari saham lapis pertama yang harus kamu ketahui, yuk cari tahu selengkapnya.

  1. Saham Blue Chip Berasal dari Perusahaan Besar

Apakah anda tahu perusahaan Telkom, Unilever, ataupun Indofood? Perusahaan yang sudah bertahun-tahun malang melintang di Indonesia ini sudah mencatatkan sahamnya di pasar modal. Fundamental yang bagus serta selalu memberikan deviden kepada investornya membuat saham dari beberapa perusahaan ini menempatai lapis atas atau biasanya disebut blu chip. Walaupun harga per lembarnya mahal namun investor terus merasa puas karena hasil dari sahamnya yang terus meningkat setiap tahun.

2. Ciri-ciri Saham Blue Chip

Saham blue chip memiliki ciri-ciri berupa kapitalisasi yang besar, biasanya harga satu perusahaannya sudah diatas triliunan dan terus stabil sepanjang tahun, selain itu sesalu diperdagangkan karena harganya yang selalu stabil sehingga investor pun tidak perlu takut apabila perusahaan tersebut mengalami penurunan. Saham ini juga selalu menguasai sektornya, seperti saham TLKM yang menguasai sektor telekomunikasi ataupun UNVR yang menguasai sektor konsumsi.

3.Saham Blue Chip Cocok Untuk Investor dan Pemula

Karena saham blue chip memiliki kapitalisasi yang bagus dan stabil sehingga saham ini cocok dipakai untuk pemula yang baru memulai investasi di pasar modal sehingga tidak kaget akan perubahan harga yang bisa saja naik dan turun secara cepat ataupun bagi para investor yang tidak bisa menghabiskan waktunya di pasar modal dalam jangka waktu yang lama sehingga bisa ditinggal dan dijual pada waktu yang ditentukan. Namun, sudahkan anda memilih saham blue chip impian?

4. Analisa Terlebih Dahulu Sebelum Membeli

Sebelum membeli saham blue chip tentu harus analisa terlebih dahulu walaupun saham ini memiliki kapitalisasi yang bagus tentunya harus dianalisa terlebih dulu kapan waktu yang tepat untuk membeli ataupun menjual sahamnya. Sebuah analisa pun harus diikuti dengan ilmu yang cukup agar tidak terjebak dalam membelinya. Dimulai dengan ambil tiket gratis belajarnya di www.maucuan.com.

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :