fbpx

TIPS

Ketahui Ciri-Ciri Investasi Bodong Agar Tidak Terjebak Rayuannya

Di masa ekonomi yang sedang naik turun ditambah pendapatan yang tidak menentu akhirnya membuat banyak orang putar otak untuk menambah pendapatan, salah satunya adalah dengan investasi. Sayangnya, kurangnya ilmu dan informasi akhirnya membuat seseorang malah terjebak investasi bodong. Niat awalnya menambah penghasilan malah harus berhutang karena tertipu hasil yang banyak dengan jumlah yang cepat. Karenanya sebelum terjebak, ketahui dulu ciri-ciri investasi bodong berikut ini.

  1. Menawarkan Keuntungan dan Bunga Kecil dalam Waktu Cepat

              Di dalam waktu yang sempit terkadang banyak orang gelap mata sehingga mau tak mau mencari dana besar dalam jangka waktu yang cepat. Kesempatan ini digunakan beberapa oknum untuk menjebak agar mengikuti investasi yang ditawarkan.

Sayangnya karena terhasut keinginan untuk mendapatkan uang dalam waktu cepat akhirnya tergiur pada jebakan selanjutnya yaitu mencari orang.

2. Meminta Mencari Anggota

              Salah satu ciri-ciri investasi bodong yang dengan mudah dapat dikenali adalah meminta untuk mencari anggota. Semakin banyak orang yang diajak maka hasilnya yang di dapatkan akan semakin besar. Setelah itu, para anggota diminta untuk menjual barang yang ditawarkan dengan harga tertentu dan jangka waktu yang ditentukan.

Jika tidak maka bonus dan keuntungan yang dijanjikan akan sulit untuk diberikan. Ada lagi investasi yang meminta anggota mencari banyak orang kemudian mengumpulkan dana agar bisa dikelola yang kemudian hasilnya baru dibagikan pada tanggal tertentu. 

3. Menggunakan Foto dari Tokoh Tertentu

              Selain itu untuk menarik perhatian banyak orang, investasi bodong biasanya mencatut foto orang-orang terkenal seperti politikus, tokoh agama, atau artis seakan-akan orang-orang tersebut mengikuti investasinya sehingga banyak orang tertarik. Selain itu, biasanya para anggota diminta untuk berfoto di depan mobil mewah dengan baju yang rapih seakan-akan dengan bisnis yang dijalani para anggota sudah bisa mendapatkan barang mewah.

4. Tidak Tercantum di OJK

              Investasi bodong tentutanya tidak memiliki izin yang telah tercantum di otoritas jasa keuangan. Jika ada sekalipun bisa saja pemilik membuat izin palsu agar para investor percaya. Karenanya jika ditawarkan suatu produk namun merasa ragu akan izin yang diberi bisa mengecek terlebih dahulu izin usahanya melalui web resmi milik OJK ataupun menghubungi OJK secara langsung.

5. Informasi Tentang Usaha Terbatas

Pernahkah ditawari investasi namun masih ragu hingga akhirnya memutuskan untuk mencari tahu informasi tentang usahanya namun yang di dapat malah informasi yang simpang siur? Inilah salah satu peringatan awal untuk tidak melanjutkan investais tersebut karena jika suatu hari kita merasa keuntungan yang di dapat tidak sepadan kita akan kesulitan untuk melaporkan karena informasi yang diterima kurang jelas.

6. Pastikan Berinvestasi di Tempat yang Aman

            Karenanya jika memang terpaksa membutuhkan dana untuk kebutuhan tertentu atau hanya mencari investasi agar uang dapat berputar pastikan investasi yang kita pilih telah memiliki izin resmi dari pemerintah serta sudah berjalan dalam jangka waktu yang lama. Salah satunya adalah pasar modal. Namun sebelum memulai investasi di pasar modal sendiri haruslah memiliki ilmu yang cukup agar tidak merasa terjebak disaat berinvestasi di pasar modal. Solusi untuk menghindari jebakan itu adalah dengan belajar investasi saham syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :