fbpx

TIPS

Mau Mulai Investasi? Miliki Dulu 7 Kemampuan Ini.

Pasar modal dan investasi saat ini menjadi perbincangan banyak orang. Hal ini terjadi karena di masa pandemi banyak orang yang mencoba untuk investasi agar uang yang dimiliki bisa semakin berkembang di tempat. Tetapi sebelum memulai investasi sudahkan memiliki 7 kemampuan berikut? Yuk cek dulu agar bisa semakin mengembangkan diri dalam berinvestasi. 

  1. Memilki Rencana Investasi

Sebelum memulai investasi haruslah memiliki rencana dalam pengelolaan uangnya. Sebaiknya tidak menaruh semua uang dalam saham yang saham melainkan dibagi-bagi agar ketika saham yang dimiliki mengalami penurunan atau bahkan dicoret dari pasar modal tidak merasa rugi. Begitu juga dengan menjual saham sebaiknya tidka menjual lot saham yang dimiliki melainkan hanya menjual sebagian agar sisanya bisa diolah kembali.                                       

2. Memiliki Pengetahuan Finansial

          Selain itu, disaat memulai investasi sebaiknya memiliki pengetahuan finansial yang mencukupi agar mengetahui cara mengoperasikan aplikasi untuk jual beli saham, waktu untuk jual dan beli saham, serta mengetahui saham yang layak dibeli untuk jangka panjang dan pendek. Jika hanya asal-asalan membeli saham maka resikonya akan berdampak pada diri sendiri karena uang yang digunakan ludes tak tersisa.

3. Ketahui Saham yang Ingin Dibeli

Pasar modal sendiri setidaknya memiliki 700 saham yang bisa diinvestasikan ataupun diperdagangkan. Diantara saham itu pasti ada yang memiliki likuiditas terbaik ataupun yang biasa saja bahkan terhitung rugi jika diperdaagangkan. Karenanya sebelum membeli saham haruslah mengetahui fundamental saham yang dimiliki sebuah perusahaan sehingga bisa mengetahui harga jual saham di pasar modal.

4. Bersabar agar Mendapat Hasil Maksimal

Terkadang saat memiliki sebuah saham ada keinginan untuk mendapat untung lebih cepat sehingga disaat harga saham mulai meninggi keinginan untuk melepasnya semakin besar. Padahal harga saham tersebut bisa saja naik lebih tinggi lagi. Karenanya memiliki sifat bersabar sangatlah penting agar bis amendapatkan hasil yang maksimal dari saham yang dimiliki.

5. Percaya pada Analisa Sendiri

Disaat pertama kali memulai investasi, biasanya kita mendapatkan rekomendasi untuk membeli saham tertentu hingga akhirnya tergiur untuk membelinya dalam jumlah banyak. Sayangnya tak semua rekomendari tak cocok untuk dipilih. Karenannya percaya pada analisa sendiri sangat dibutuhkan agar tidak merasa rugi ketika saham yang dipiih harganya turun serta ada kepuasan tersendiri dalam membali saham pilihan.

6. Ambil Waktu Untuk Bersantai

Setelah terus menerus melakukan trading jangan lupa untuk bersantai menikmati hasil dari trading yang kita lakukan. Melakukan istirahat santai selama akhir pekan sangat bagus untuk membuat otak segar kembali sebelum memulai kembali trading keesokan harinya.

7. Terus Belajar dan Analisa Saham

            Salah satu mental yang dimiliki oleh investor adalah terus belajar dan mengetahui berita terbaru tentang saham jangan sampai hasil yang kita miliki jadi turun karena kurangnya ilmu tentang saham dan regulasi terbaru. Salah satu cara untuk menambah ilmu adalah dengan belajar investasi saham syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :