fbpx

TIPS

Seharusnya Saya Lakukan Ini Sebelum Pensiun

Pensiun merupakan masa yang ditunggu bagi sebagian besar orang. Setelah sekian lama bekerja akhirnya bisa menikmati hasilnya dengan bersantai di rumah ditemani orang yang tercinta di tempat yang kita inginkan. Sayangnya, banyak orang yang tidak bisa menikmati masa pensiun karena harus tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hal ini seharusnya tidak terjadi jika kita sudah menyiapkan dana pensiun sejak lama. Bagi para pekerja di masa produktif akan lebih baik untuk memperhatikan hal-hal penting sebelum terlambat dan tiba-tiba sudah memasuki dunia pensiun.

  1. Tentukan Waktu Ingin Pensiun

      Sebelum membuat perencanaan dana pensiun ada baiknya mengetahui kapan waktunya akan pensiun. Hal ini dilakukan agar kita bisa mengetahui kapan waktunya memulai buka rekening untuk persiapan dana pensiun. Selain itu, kita juga bisa memenuhi keinginan kita sebelum waktunya menabung untuk pensiun tiba.

2. Lakukan Financial Check-Up

      Setelah mengetahui batas pensiun, langkah yang diambil selanjutnya adalah melakukan financial check up. Penting bagi kita untuk menghitung beberapa penghasilan yang harus disisihkan untuk pensiun. Jangan lupakan pengeluaran jangka panjang yang mungkin dikeluarkan saat kita pensiun.

3. Hitung Kebutuhan Pensiun

      Setelah pensiun tentun saja menerima pesangon dan mungkin gaji yang tidak sebesar  saat anda bekerja. Oleh karena itu, menghitung pengeluaran saat pensiun juga penting. Buanglah beberapa pengeluaran yang tidak penting dan sesuaikan dengan kebutuhan anda saat pensiun.

4. Persiapkan Dana Pensiun Sejak Lama     

       Mengetahui batas usia pensiun dan menghtung kebutuhan saat pensiun sudah dilakukan, Saatnya mempersiapkan dana pensiun. Menyisihkan dana pensiun dari penghasilan ataupun melakukan investasi bila dilakukan agar tidak mengganggu pengeluaran yang semakin tahun bertambah.

      Mengetahui batas usia pensiun dan menghtung kebutuhan saat pensiun sudah dilakukan, Saatnya mempersiapkan dana pensiun. Menyisihkan dana pensiun dari penghasilan ataupun melakukan investasi bila dilakukan agar tidak mengganggu pengeluaran yang semakin tahun bertambah.

5. Lunasi Hutang

      Melunasi hutang merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan sebelum memasuki masa pensiun. Jangan sampai hutang malah menjerat leher anda hingga akhirnya tidak bisa menikmati masa tua. Jika memang terpaksa berhutang, pastikan hutang tersebut lunas sebelum masa pensiun datang.

6. Buat Aset Anda Produktif

      Saat masih muda anda mungkin membeli beberapa aset untuk hobi namun saat masa pensiun datang anda mungkin saja tidak menekuni hobi itu lagi karena keterbatasan waktu dan usia yang tidak lagi muda. Aset tersebut bisa anda manfaaatkan untuk menghasilkan pendapatan baru. Misalnya, menyewakan mobil sebagai ojek online ataupun melakukan jual beli barang koleksi anda.

7. Persiapkan Dana Darurat

      Walaupun sudah mempersiapkan perencanaan sekian rupa akan tetapi musibah atau kecelakaan bisa saja terjadi. Oleh karena itu, dana darurat juga perlu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga

8. Siapkan Passive Income

      Dana pensiun yang dipersiapkan bisa saja kurang ataupun penghasilan yang anda miliki tidak cukup untuk mengumpulkan dana pensiun. Oleh karena itu menambah penghasilan bisa dijadikan penyelesaian masalah. Salah satu jenis penghasilan yang jarang diketahui adalah passive income. Penghasilan ini tetap bisa mengalir walaupun anda sedang bekerja atau melakukan hal lain.

      Walaupun hasilnya tidak seberapa besar tetapi bisa menambah isi dari dana dana pensiun anda. Berbagai jenis investasi yang ada saat ini bisa jadi pilihan rencana passive income. Akan tetapi, anda harus berhati-hati dalam memilih investasi yang ada. Jangan sampai niatnya mau menambah dana pensiun malah harus menguras dana pensiun. Pelajari dulu investasi yang inginanda ambil dengan ikut kelas belajar gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :