fbpx

TIPS

 Sudahkah Kamu Merdeka Secara Finansial?

Usia sudah tak lagi muda dan tanggungan pun sudah semakin banyak. Apakah bisa kita mencapai kemerdekaan finansial? Tentu saja bisa, asal sudah tahu formula dan strateginya maka keinginan untuk merdeka finansial bukan hanyalah khayalan. Namun apa sajakah ciri-ciri dari orang yang sudah merdeka finansial?

  1. Tidak Takut Tanggal Tua

            Bagi yang memiliki penghasilan bulanan, tanggal tua adalah ketakutan terbesar karena pada tanggal tersebut penghasilan hanya tersisa ampasnya saja dan hanya cukup untuk makan sehari-hari. namun bagi yang sudah merdeka finansial, tanggal tua ukanlah ketakutan karena mereka sudah memiliki dana yang cukup untuk jangka waktu yang lama.

2. Sudah Bisa Mengelola Uang Dengan Baik

            Berbeda dengan orang lain, orang-orang yang sudah merdeka finansial sudah mampu mengelola keuangannya dengan baik. Pendistribusian uangnya pun sudah disalurkan ke berbagai rekening bank untuk kebutuhan yang berbeda. Sehingga jika tabungannya habis pun ia memiliki cadangan yang lain.

3. Tidak Memiliki Hutang

            Ciri khas yang terlihat dari orang yang sudah merdeka finansial adalah tidak memiliki hutang. Segala tanggungannya sudah diselesaikan sehingga bisa menikmati hari-harinya dengan tenang dan tidak memikirkan tagihan bulanan yang membebani pikiran.

4. Tidak Konsumtif

            Berbelanja memang hobi semua orang, namun apakah semua barang yang dibeli sesuai kebutuhan atau hanya lapar mata saja. Bagi yang sudah memiliki kemerdekaan fnansial, memberli barang yang dibutuhkan lebih penting daripada membeli kebutuhan yang digunakan untuk meningkatkan status sosial. Walaupun sudah memiliki kekayaaan yang cukup, akankah lebih baik dananya dipergunakan untuk membantu ornag lain yang lebih membutuhkan

5. Sudah Punya Investasi

            Merdeka finansial berarti sudah tidak bergantung pada pendapatan bulanan. Ini artinya, mereka sudah punya investasi jangka panjang yang digunakan untik kebutuhan sehari-hari. dalam bidang investasi pun mereka tidak berpetualang sehari dua hari melainkan butuh waktu bertahun-tahun untuk mencapainya.

6. Sudah menyiapkan Dana Darurat, Pensiun, dan Pendidikan

Merdeka finansial berarti menikmati waktu yang tersisa dengan melakukan berbagai kegiatan positif tanpa takut adanya kejadian tiba-tiba yang menganggu penghasilan karena sudah memiliki berbagai dana yang diperlukan untuk perlindungan jangka panjang. Ingin juga hidup dengan kemerdekaan finansial? Temukan jalan tol tercepatnya di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :