fbpx

TIPS

Sudahkah Miliki Literasi Keuangan yang Baik? Cek Dulu Beberapa Hal Berikut

Walaupun sudah bertahun-tahun mengenyam bangku pendidikan, nyatanya hanya sebagian besar kecil orang yang memiliki literasi keuangan yang baik. Tahukah apa saja ciri-ciri seseorang yang memiliki literasi keuangan yang baik?

1.Sudah Memiliki Tujuan Investasi

       Seseorang yang memiliki literasi keuangan yang baik sudah memiliki investasi untuk tujuan tertentu, seperti membangun rumah ataupun biaya sekolah anak di masa depan sehingga uangnya tidak hanya mengendap di satu tempat saja ataupun terbuang secara sia-sia. Tetapi berkembang sehingga dapat digunakan di masa depan dan menjadi motivasi untuk bekerja.

2. Memiliki Dana Darurat

       Selain investasi, memiliki dana darurat serta tabungan yang terpisah juga diperlukan karena tidak selamanya hidup berjalan mulus serta penghasilan bulanan selalu ada. Selain itu, kita tidak bisa memprediksi suatu musibah akan datang. Dana darurat dipergunakan untuk keadaan mendadak sehingga tabungan yang kita kumpulkan tidak terkuras seketika dan hidup masih terus berjalan walaupun musibah sudah datang.

3. Memiliki Tabungan Terpisah

       Setelah penghasilan bulanan turun, diharapkan untuk langsung memisahkan penghasilan ke dalam rekening khusus untuk tabungan. Hal ini dilakukan agar tidak tercampur dengan kebutuhan bulanan hingga akhirnya membuat kita kalap untuk membeli barang diluar kebutuhan sehari-hari.

4. Memiliki Pengelolaan Keuangan yang Jelas

       Bagi seseorang yang telah memiliki literasi keuangan dipastikan sudah memiliki pengelolaan keuangan yang jelas. Diantaranya sudah memiliki dana tabungan, dana darurat, asuransi, ataupun investasi yang membantu agar keuangan tetap stabil disaat tiba-tiba sedang terpuruk ataupun perekonomian sedang sulit. Tidak masalah belum memiliki keempatnya, asalkan sudah mulai menyisakan pendapat sedikit demi sedikit untuk memenuhinya agar menjadi penyelamat di kemudian hari.

5. Memiliki Tujuan Jangka Panjang Dalam Keuangan

       Dalam merencanakan keuangan sekalipun, tidak hanya tujuan jangka pendek seperti kebutuhan harian ataupun tunggakan namun juga tujuan jangka panjang seperti rencana di masa tua ataupun biaya sekolah anak di masa depan. Karenanya seseorang yang memiliki literasi keuangan yang baik juga seharusnya telah menghitungkan biaya sekolah anak di masa depan agar anak memiliki masa depan yang baik juga.

.

6. Sudah Memiliki Investasi untuk Masa Depan

Walaupun begitu, belum banyak orang yang sudah menerapkan rencana keuangan. Hal ini terjadi kurangnya waktu untuk belajar, tidak ada yang membimbing mempelajari tentang keuangan, ataupun penghasilan yang dimiliki tidak mencukupi. Tentu tidak terlambat untuk belajar literasi keuangan untuk menyelamatkan diri sendiri dan keluarga dari keadaan yang tidak menentu di msa depan. Hal ini bisa dimulai dengan belajar investasi saham syariah sekaligus literasi keuangan bersama ahlinya di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :