fbpx

TIPS

Susah Menabung Karena Penghasilan Pas-pasan? Buang Dulu Pikiran Ini

Memiliki tabungan disaat yang tidak menentu adalah hal yang wajib dilakukan walaupun penghasilan masih pas-pasan. Tabungan bisa membantu bila ada kejadian yang tidak terduga sehingga mengurangi resiko untuk berhutang dengan bunga yang besar. Setelah tahu keuntungannya masihkah merasa malas untuk menabung?

  1. Memulai Niatan Untuk Menabung

            Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai rencana menabung adalah meluruskan niat menabung. Pasang rencana untuk apa hasil dari tabungan tadi, misalnya untuk membeli rumah ataupun pergi umroh bersama pasangan. Jika sudah menentukan niat untuk mulai menabung maka hati pun menjadi ikhlas dan semangat menabung dan menyisihkan uang agar rencana di masa depan cepat tercapai

2. Membuka Rekening Tabungan Tersendiri

       Setelah menentukan niat dan rencana untuk menabung, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memsisahkan rekening tabungan dari rekening harian dengan cara membuka akun rekening baru. Dengan modal 100 ribu, anda sudah mulai bisa menabung secara rutin dari penghasilan bulanan serta mendapatkan tempat yang aman untuk menabung.

3. Sisihkan Dana untuk Menabung Terlebih Dahulu

Setelah hari gajian datang, hal pertama yang bisa dilakukan adalah memprioritaskan tabungan. Dibandingkan dengan berbelanja terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk membiasakan diri untuk tidak menabung dari sisa penghasilan. Selain itu, menjadikan kebiasaan menabung sebagai prioritas utama menjadikan diri sendiri lebih disiplin untuk menentukan anggaran pengeluaran.

4. Tentukan anggaran untuk setiap pengeluaran

Setelah mulai menabung, tentu saja kita tidak bisa menggunakan semua uang yang dimiliki untuk pengeluaran karena harus menyisakan sebagian besar uang untuk menabung. Karenanya menentukan anggaran untuk setiap pengeluaran harus dilakukan agar bisa mengetahui berapa anggaran yang dibutuhkan untuk menabung dan kebutuhan sehari-hari.

5. Membuat Rincian Kebutuhan

       Selesai anggaran dibuat, ada baiknya merinci apa saja kebutuhan yang diperlukan sehingga kita bisa mengetahui kemana saja anggaran yang kita gunakan selama ini. Hal ini bisa dilakukan sebulan sekali agar menjadi evaluasi sebelum hari gajian datang.

6. Menambah Anggaran untuk Menabung

       Mengandalkan penghasilan bulanan untuk menabung tentu sangatlah susah apalagi jika penghasilan hanya rata-rata ditambah oleh beban bulanan yang tiba-tiba saja datang. Karenanya diperlukan dana tambahan yang dikhususkan untuk menambah isi tabungan. Hal ini bisa dimulai dengan mencari penghasilan tambahan diluar jam kerja dan bisa dilakukan dimana saja. Solusinya adalah dengan belajar investasi saham syariah di pasar modal untuk tambah isi tabungan. Tiket gratis belajar investasi saham syariah ada di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :