fbpx

TIPS

Gaji Cepat Habis Setelah Gajian? Evaluasi Dulu Pengeluaran Anda

Apakah hari ini penghasilan masih mencukupi untuk kebutuhan hidup? Jika belum mencukupi, coba evaluasi dulu pengeluaran selama ini. Apakah sebenarnya pengeluaran lebih besar dari penghasilan sehingga gaji cepat habis atau karena cara pengelolaan yang kurang? Sebelum hari gajian tiba, coba evaluasi dulu pengeluaran bulanan

  1. Apakah Pengeluaran Lebih Besar dari Pendapatan?

       Hal pertama yang bisa dilakukan adalah melacak kemana perginya pendapatan selama ini? Apakah lebih banyak ke pengeluaran bulanan ataupun ke pengeluaran mendadak? Sering kali sudah menganggarkan pendapatan ke pengeluaran bulanan namun sayangnya terlalu banya pengeluaran yang mendadak mesti dikeluarkan karena sifatnya sangat penting. Oleh karena itu, merubah anggaran bulanan bisa dilakukan untuk mengantisipasi sesuatu yang sifatnya mendadak namun ternyata selalu berulang tiap bulannya.

2. Apakah Sudah Memiliki Anggaran Bulanan?

       Salah satu kesalahan yang tidak disadari setiap penghasilan bulanan datang adalah tidak mempersiapkan anggaran bulanan sehingga begitu penghasilan bulanan datang hal yang pertama dilakukan adalah membelanjakan pada pengeluaran sehingga tidak ada waktu untuk menyimpan sebagian penghasilan untuk ditabung. Memiliki anggaran bulanan sangat dibutuhkan agar diri kita menjadi lebih disiplin dalam mengatur keuangan agar menjadi tabungan di masa depan nanti.

3. Apakah Penghasilan Hanya Ada di Satu Rekening?

       Setelah penghasilan turun, apakah dananya hanya akan berkumpul di suatu tempat atau terbagi ke dalam beberapa pos tabungan. Menyimpan uang di satu pos akan menyebabkan diri kita terlena untuk terus membelanjakan uangnya hingga tidak sadar uangnya tiba-tiba habis. Langkah yang bisa diambil adalah dengan membagi sebagian besar pengeluaran ke dalam beberapa pos yang telah dibuat seperti pos anggaran bulanan ataupun tabungan barulah sisanya bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

4. Apakah Sudah Memiliki Dana Darurat dan Tabungan?

Selain menyisihkan untuk pengeluaran bulanan jangan lupa beri prioritas untuk dana darurat dan tabungan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kejadian mendadak yang membuat kita harus mengeluarkan uang lebih. Juga menghindari dari jebakan terlilit hutang karena terpaksa meminjam uang untuk mengatasi kejadian mendadak diluar perkiraan.

5. Apakah Sudah Menyisakan Untuk Investasi?

       Selain memprioritaskan untuk dana darurat dan tabungan? Apakah sudah siap untuk menyisakan dana untuk investasi. Investasi selain menambah pendapatan juga bisa dilakukan untuk menambah dana pensiun sehingga hari tua nanti tidak perlu pusing untuk biaya bulanannya. Karenanya diperlukan tambahan ilmu juga untuk investasi agar hasilnya bisa sesuai dengan yang diinginkan. Belajar investasi saham syariah secara gratis bersama ahlinya ada di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :