fbpx

TIPS

Sudah Siapkah Memulai Investasi? Persiapkan Dulu Beberapa Berkas Ini

Investasi kini menjadi perbincangan banyak orang, apalagi di masa pandemi ini mayoritas karyawan yang bekerja dari rumah mencoba banyak hal baru sambil berharap penghasilan juga bertambah salah satunya dengan belajar investasi tetapi, sudah siapkah memulai investasi? Jika belum persiapkan dulu beberapa hal ini.

  1. Menjadi Masyarakat Taat Pajak dengan Membuat NPWP

       Hal pertama yang wajib dilakukan sebelum menjadi investor ataupun trader adalah menjadi masyarakat yang taat pajak dengan membuat NPWP. Nomor ini berguna untuk melaporkan pajak yang digunakan selama investasi untuk dibayarkan ke pemerintah sehingga kita bisa membantu perkembangan Indonesia ke depannya.

Cara membuat NPWP pun mudah dan dilakukan secara daring. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke web e-reg pajak kemudian registrasi sembari mengisikan beberapa data diri dan jumlah penghasilan.

2. Buku tabungan syariah untuk Investasi Saham Syariah

       Sembari menunggu NPWP selesai dikirim, calon investor ataupun trader diharuskan untuk membuka buku tabungan syariah. Rekening ini dilakukan untuk menstransfer dari rekening kita ke akun tabungan syariah yang akan terhubung ke akun RDN sebagai modal awal untuk memulai investasi. Saat ini, 3 bank syariah milik BUMN telah bergabung menjadi satu sehingga calon investor ataupun trader cukup menggunakan satu akun BSI Syariah

3. Buatlah Akun RDN Syariah di Sekuritas Terpercaya

       Selama melakukan investasi saham syariah, calon investor ataupun trader diwajibkan untuk mebuat akun RDN syariah untuk bertransaksi di pasar modal. Sebelum mendaftar pun harus memilih sekuritas yang terpercaya sehingga uang yang akan diinvestasikan akan aman dan tidak akan dibawa lari oleh orang lain. Di dalam RDN juga diharuskan memilih RDN syariah agar diarahkan ke dalam saham-saham yang termasuk ke dalam saham syariah.

4. Akun RDN akan jadi Bersamaan dengan Rekening efek

       Selama menunggu 2 minggu akhirnya akun RDN pun telah selesai dibuat. Di dalam akun RDN pun akan ada nomor nasabah dan juga User ID untuk syariah dan reguler. Namun disarankan memilih salah satu akun user ID syariah agar bisa digunakan untuk bertransaksi saham syariah.

5. Bekali Diri dengan Ilmu investasi saham syariah

       Setelah kedua akun tersebut jadi kebanyakan orang kemudian bingung karena tidak tahu bagaimana cara mulai investasi di pasar modal. Sehingga mulai mencoba investasi secara mandiri yang malah kemudian menimbulkan di kemudia hari. karenanya diperlukan ilmu yang di dapat dari mentor dimulai dari belajar investasi saham syariah secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Jl. Embong Malang No 21-31 Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 0812-1664-0962
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan